Peran Penting Wanita dalam Menjaga Kesehatan Keluarga

Makan bersama keluarga.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Wanita tidak hanya memiliki peran penting dalam setiap pengambilan keputusan untuk segala kebutuhan rumah tangga, tapi juga pilihan dan keputusan mengenai gaya hidup sehat keluarga.

7 Hal Sederhana Namun Sering Diabaikan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Sebagai ibu sekaligus sebagai pendidik anak, dan bahkan sebagai wanita karier, wanita diharapkan bisa menjadi ujung tombak untuk menentukan kesehatan dalam keluarga. Karena itu, Yayasan Jantung Indonesia, dalam merayakan hari jadinya yang ke 35 tahun, mengangkat tema pentingnya peran perempuan dalam ikut serta menjaga kesehatan jantung.

Keberadaan organisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, tentu saja sangat membantu pemerintah. Seperti disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F Moeloek.

Menjaga Kesehatan Jantung: Kunci untuk Hidup yang Lebih Panjang dan Lebih Sehat

"Organisasi kemasyarakatan sangat diperlukan. Pemerintah memerlukannya untuk mencapai apa yang ingin kita ubah. Kita harapkan organisasi masyarakat menjadi agent of change," ujarnya di bilangan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu, 23 November 2016.

Adanya program yang ditetapkan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ketuk Pintu Layani Dengan Hati juga merupakan upaya mengurangi masalah kesehatan dengan promotif dan preventif, dengan pendekatan keluarga.

Lagi Emosi Makan Banyak, Hati-hati Jantungan

Menurut Nila, angka kematian yang cukup tinggi pada usia muda seharusnya meningkatkan kesadaran masing-masing individu akan pentingnya menjaga kesehatan, setidaknya dimulai dari diri sendiri.

Sementara itu, Ketua Yayasan Jantung Indonesia, Syahlina Zuhal menyampaikan makna seruan kampanye Go Red For Women yang mengajak wanita untuk lebih sadar akan penyakit jantung dan bagaimana cara mencegahnya.

"Di launching Laura Bush (istri George W. Bush) pada tahun 1994, untuk menyampaikan wanita waspadalah untuk penyakit jantung. Karena wanita peran utama dalam keluarga,” ujarnya.

Menurutnya, wanita memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran keluarga dan orang-orang terdekatnya, dengan menyampaikan pesan- pesan gaya hidup sehat untuk jantung yang sehat bagi keluarga.

Dalam perjalanannya selama 35 tahun dalam berkontribusi meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah, Yayasan Jantung Indonesia juga meluncurkan buku Detak untuk Negeri karya Riva Ati Hanifa.

Selain itu dalam kampanye Go Red For Women,  YJI menggelar pameran baju-baju Presiden serta Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia, yang akan berlangsung di Plaza Indonesia selama satu bulan, mulai tanggal 30 November 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya