Delapan Manfaat Mengejutkan Bawang Bombay

Bawang bombai.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Bawang bombay adalah salah satu bumbu yang wajib tersedia di dapur. Penggunaan bawang bombay dalam masakan menentukan cita rasa dan aromanya. Selain itu, bawang bombay dikenal sebagai makanan super dengan manfaat antibodi yang tinggi.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Tapi ternyata jenis bawang satu ini tidak hanya berguna di dapur. Bawang bombay juga bermanfaat untuk berbagai hal lain, mulai dari menghilangkan jerawat hingga membersihkan panggangan. Berikut delapan manfaat mengejutkan bawang bombay yang belum diketahui orang, seperti dilansir dari Times of India.

Membersihkan pisau karatan

Zaidul Akbar: Aneka Bawang Punya Khasiat Ajaib, Tapi Harus Dikonsumsi dengan Benar

Ada cara mudah untuk mengikis karat di pisau. Gunakan pisau tersebut untuk mengiris bawang bombay dan perlahan karat di pisau akan menipis

Mewarnai

Ternyata Bawang Lebih Mahal daripada Daging di Filipina

Kulit bawang bombay ternyata merupakan pewarna yang baik. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan ialah membungkus benda, seperti kain yang akan diwarnai dengan kulit bawang, dan kemudian rebus dengan api kecil. Kain tersebut akan berubah menjadi berwarna oranye yang indah.

Memoles logam

Haluskan bawang bombay mentah dan campurkan dengan air. Dengan kain, oleskan campuran tadi pada permukaan logam. Gosok hingga mengilap dan bersih.

Menghilangkan bau cat

Ruangan di rumah masih bau cat setelah direnovasi? Daripada membeli penyegar ruangan, masukkan beberapa irisan bawang bombay di dalam mangkuk berisi air. Letakkan mangkuk tersebut di dalam ruangan yang masih bau cat semalaman penuh.

Menghilangkan jerawat

Enzim bawang bombay efektif untuk menghilangkan jerawat. Campur irisan bawang bombay dengan air dan aplikasikan pada jerawat.

Mengatasi sengatan lebah

Jika Anda pernah disengat lebah, menggosok bawang bombay pada kulit terbukti salah satu cara ampuh untuk meredakan rasa sakitnya.

Mengatasi luka bakar

Bawang bombay juga memiliki sifat antibakteri sehingga mampu menjaga luka agar tidak infeksi. Gosokkan bawang bombay di atas luka bakar untuk meredakan rasa sakit.

Membersihkan panggangan

Potong bawang bombay menjadi dua, dan kemudian gunakan garpu untuk memegang setengah bawang tersebut untuk menggosok panggangan.

Ilustrasi bawang bombay

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya