GIPI Siap Bantu Pemerintah Kembangkan 10 Destinasi Wisata

Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) siap membantu pemerintah dalam mendorong dan mempromosikan 10 destinasi pariwisata yang sedang ditingkatkan kualitasnya oleh kementerian pariwisata.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Kepala Humas GIPI Johnnie Sugiarto mengatakan, 10 destinasi prioritas ini potensi pariwisata yang dimiliki sangat besar, namun perlu pengembangan yang lebih intensif.

“Banyak yang perlu dikerjakan dalam menyiapkan 10 destinasi tersebut menjadi destinasi pariwisata unggulan. Tidak hanya infrastruktur tapi juga investor yang potensial dan UKM yang memadai, agar kami bisa menawarkan dan menjual secara maksimal ke wisatawan. Inilah tugas kita sebagai kalangan pelaku pariwisata menjembatani terciptanya siklus pariwisata yang kondusif di 10 destinasi pariwisata tersebut,” ujar Johnnie melalui siaran pers yang di terima VIVA.co.id.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Johnnie Sugiarto yang dalam kepengurusan GIPI menjabat Wakil Ketua Umum bidang Marcom & Destinasi ini mengatakan, berbagai kegiatan GIPI sedang digodok untuk memaksimalkan 10 destinasi prioritas tersebut, seperti menggelar pertemuan bulanan kalangan pelaku pariwisata di 10 destinasi tersebut untuk menyerap aspirasi mereka dan bersama-sama mencari solusinya.

“Juga kami akan mengundang pelaku industri pariwisata di luar 10 destinasi tersebut agar mau masuk berinvestasi, dan juga biro perjalanan tertarik menjualnya,” kata Johnnie.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Johnnie mengakui pemerintah melalui Kementerian Pariwisata sudah maksimal menggarap 10 destinasi prioritas ini menjadi destinasi pariwisata unggulan, tanpa keterlibatan kalangan industri pariwisata niscaya program ini akan berhasil.

“Sebab itu GIPI berkomitmen untuk membantu secara maksimal agar program (Kemenpar) bisa berhasil, tentunya kami akan mengerahkan semua sumber daya GIPI yang ada. Baik itu melalui peran serta anggota kami maupun jaringan yang kami miliki,” ujarnya

Johnnie berharap 10 ‘Bali’ baru ini nantinya benar-benar bisa maksimal menjadi lumbung pariwisata Indonesia dan bisa mendulang dua kali lipat kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 20 juta orang, serta meraup 275 juta orang pergerakan wisatawan nusantara pada 2019 nanti.

“Ini menjadi pekerjaan rumah bersama, perlu komitmen yang kuat pemerintah dan seluruh stakeholder pariwisata dalam mewujudkan hal tersebut,” ujar Johnnie.

Sebagai suatu wadah bagi para pelaku Industri Pariwisata, GIPI juga menjadi mitra kerja pemerintah. GIPI akan melaksanakan pelantikan kepengurusan Periode II pada 30 November 2016 nanti, yang menurut rencana digelar di Balairung Kementerian Pariwisata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya