Pro dan Kontra Penggunaan Kosmetik untuk Ibu Hamil

Ilustrasi kosmetik/make-up.
Sumber :
  • Pixabay/Schweiz

VIVA.co.id – Kosmetik seringkali digunakan oleh kaum wanita agar terlihat segar. Kosmetik juga digunakan untuk mempercantik penampilan.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Sebagian besar wanita bahkan tidak bisa lepas dari kosmetik, termasuk untuk beberapa wanita yang sedang mengandung. Namun banyak beredar informasi, jika penggunaan kosmetik untuk ibu hamil berbahaya. Benarkah?

Mengenai hal ini, dr Jezy Reisya dari MeetDoctor menjelaskan bahwa penggunaan kosmetik untuk ibu hamil tidak dilarang. Asalkan, harus dipastikan terlebih dahulu, tidak ada kandungan kimia berbahaya dalam produk kosmetik yang digunakan.

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

"Penggunaan kosmetik pada ibu hamil boleh saja sepanjang tidak mengandung bahan berbahaya bagi janin dan mengganggu kehamilan," katanya pada VIVA.co.id.

Untuk menghindari efek samping dari kosmetik, lanjutnya, maka dianjurkan agar ibu hamil memastikan terlebih dahulu apakah kosmetik itu aman digunakan atau tidak dengan melihat kandungan dalam kosmetik, atau dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum pemakaian.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan
Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024