Indonesia Pamerkan Kapal Pinisi di Santa Parade Auckland

Ilustrasi kapal pinisi.
Sumber :
  • Antara/ Chanry AS

VIVA.co.id – Indonesia memboyong dan menampilkan mobil parade bertema ‘Kapal Pinisi’ dalam event penyambutan Natal terbesar di Kota Auckland, Selandia Baru, yakni The Farmers Santa Parade 2016.

Guru Besar UI Kritik Selandia Baru Tak Peduli soal Pilot Susi Air: Aneh, Apakah Wajar?

Kepala Bidang Festival Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, Adella Raung mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu misi promosi Wonderful Indonesia dalam The Farmers Santa Parade 2016 yang digelar di pusat kota Auckland.

"Wonderful Indonesia juga ditampilkan di podium utama The Farmers Santa Parade dan dalam berbagai media, termasuk Herald New Zealand, radio, bus balon fantasi raksasa, bendera, dan banner yang akan disaksikan oleh ribuan masyarakat Auckland yang hadir dalam parade tahunan terbesar itu," kata Adella dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Minggu, 27 November 2016.

TNI Sebut Selandia Baru Serahkan Pembebasan Pilot Susi Air ke Indonesia

Adella juga mengatakan, promosi Wonderful Indonesia dalam ajang itu sangat efektif karena ribuan masyarakat Selandia Baru turun ke jalan untuk menyaksikan parade tersebut.

Pada kesempatan itu, kebijakan bebas visa juga dipromosikan dalam bendera-bendera Kapal Pinisi. Indonesia juga menampilkan kesenian dari berbagai daerah di Tanah Air termasuk Bali, Sulawesi Tengah, Aceh, dan rombongan karnaval dari Malang, ‘Amore’ yang unik.

Selandia Baru Umumkan Negaranya Kini Memasuki Resesi

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengatakan, dengan berpartisipasi di The Farmers Santa Parade, Indonesia memiliki kesempatan besar untuk mempromosikan pariwisata kepada masyarakat di Selandia Baru.

"Ini menjadi kesempatan baik bagi Indonesia untuk berpromosi ketika ribuan masyarakat Auckland berkumpul di satu tempat menyaksikan sebuah parade Natal terbesar di kotanya," kata Pitana.

The Farmers Santa Parade sendiri merupakan parade spektakuler yang melibatkan ribuan orang turun ke jalan untuk merayakan Natal. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini akan ada setidaknya 33 balon raksasa, band, hiburan, dan bendera dengan 75.000 merk yang dipajang.

Parade dimulai dari Federal Street di depan Aotea Centre dan melintasi Kota Auckland sepanjang 2,2 kilometer hingga berakhir di Albert Street.

Tahun ini, The Farmers Santa Parade akan disemarakkan dengan 1.500 kostum fantasi dengan lebih dari 200 peserta parade, 4.000 sukarelawan, dan ribuan penonton. Parade itu juga telah mencatatkan sejarah lebih dari 80 tahun dan menjadi event yang paling ikonik di Kota Auckland.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya