Cara Indonesia Promosi Kecantikan Borobudur di London

Ilustrasi-Candi Borobudur
Sumber :
  • Antara/Andreas Fitri Atmoko

VIVA.co.id – Setelah Selasa lalu berhasil memukau 400 penonton pada pagelaran di kantor pusat UNESCO di Paris, grup Sendratari Ramayana Prambanan yang didatangkan langsung dari situs Candi Prambanan juga sukses mengundang decak kagum publik Inggris dengan menampilkan pertunjukan serupa di London pada Minggu malam, 27 November 2016 pukul 18.30-21.00 GMT di Canada Water Culture Space (21 Surrey Quays Road, London SE16 7AR).

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Lewat rilis yang diterima VIVA.co.id dari KBRI London diinformasikan, pada acara yang diselenggarakan oleh KBRI London tersebut, para penari di bawah binaan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko  bergabung bersama beberapa pesilat Inggris dari komunitas Silek Harimau Minangkabau UK dalam pagelaran bertajuk "An Evening in Wonderful Indonesia".

Pagelaran yang dirancang KBRI London untuk mempromosikan Indonesia di Inggris melalui pertunjukkan seni budaya tersebut juga bertepatan dengan perayaan 25 tahun penobatan Candi Borobudur dan Candi Prambanan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Tiket masuk untuk menyaksikan acara yang bersifat gratis dan terbuka untuk umum ini, habis diserbu para pecinta Indonesia di London dalam waktu 2 (dua) hari. Duta Besar RI London, Dr. Rizal Sukma menyatakan bahwa "Pagelaran seni budaya Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik Inggris akan nilai luhur budaya bangsa peninggalan leluhur juga dalam rangka mendukung langkah Pemerintah RI, khususnya Kementerian Pariwisata, untuk mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata baru dan unggulan di Indonesia ".

Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan spiritual Buddha terbesar di dunia sementara Candi Prambanan merupakan salah satu bangunan spiritual Hindu tertinggi di dunia, yang keduanya telah diakui secara internasional sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia UNESCO sejak tahun 1991.

Pakar dan Akademisi Sarankan Chattra Segera Dipasang di Candi Borobudur

Selain sebagai bangunan spiritual, Candi Borobudur dan Prambanan merupakan bagian penting dalam sejarah masyarakat Indonesia sekaligus menjadi salah satu daya tarik wisata utama di Indonesia. Saat ini, Candi Borobudur termasuk ke dalam 10 destinasi pariwisata prioritas yang dipromosikan di Indonesia.

Sementara itu para penggiat pencak silat di Inggris yang mengawali pertunjukkan minggu malam, merupakan anak didik Edwel Yusri Datuak Rajo Gampo Alam (Datuak Edwel) yang leluhurnya telah mengembangkan jurus-jurus Silat Harimau Minangkabau di pedalaman hutan Sumatera.

Melengkapi rangkaian promosi Indonesia di London, akan diadakan pula resepsi yang menyajikan aneka penganan ringan khas Indonesia guna memberikan cita rasa yang sempurna pada malam "Wonderful Indonesia" di London.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya