Jangan Lakukan Kesalahan Ini saat Menyeduh Teh Herbal

Ilustrasi teh chamomile
Sumber :
  • Pixabay/condesign

VIVA.co.id – Berniat untuk menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol, menyembuhkan flu, teh herbal mungkin bisa jadi jawabannya.

SKENA Jadi Ajang Berbagi Wawasan Bagi UMKM

Beberapa studi dan penelitian yang dilakukan di seluruh dunia juga telah menunjukkan manfaat kesehatan yang berasal dari berbagai jenis teh herbal.

Namun, ketika mempersiapkan teh herbal, sebagian besar seringkali membuat kesalahan umum yang seringkali tak disadari. Karena kesalahan-kesalahan ini, manfaat yang dihasilkan pun tidak maksimal.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Selain itu karena metode peracikan yang salah, dapat juga menyebabkan efek samping tertentu. Dilansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika membuat teh herbal.

Jangan tambahkan susu

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

Ketika susu ditambahkan ke teh herbal yang dimaksudkan untuk mengurangi berat badan, maka itu tidak akan berhasil. Susu mengandung nutrisi yang menghambat penurunan berat badan. Selain, susu juga dapat menyebabkan efek samping tertentu juga.

Jangan tambahkan gula

Menambahkan gula ke teh herbal, berarti menambahkan lebih banyak kalori. Jadi, tujuan minum teh herbal akan sia-sia. Akan lebih baik menambahkan madu atau  gula merah untuk menambah rasa.

Jangan dihangatkan kembali

Teh yang dihangatkan lagi akan membakar manfaat herbal alami. Cara terbaik adalah untuk minum dan habiskan dalam satu kali buat.  

Jangan minum tiap saat

Teh herbal tidak dimaksudkan untuk diminum setiap saat. Ini harus dikonsumsi pada waktu tertentu. Misalnya, minum teh pada pagi hari guna membantu untuk pencernaan yang lebih baik. Akan  lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi teh herbal setiap hari.

Jangan tutup wadahnya ketika dipersiapkan

Sambil menyiapkan teh herbal, harus dipastikan bahwa tutup terbuka dan air dibiarkan menguap. Menurut Ayurveda, jika terlalu rapat menutup gelas berisi teh, akan menurunkan manfaat kesehatan teh herbal ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya