Duduk Terlalu Lama Ternyata Bisa Timbulkan Selulit

Ilustrasi duduk
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Duduk selama delapan jam atau lebih di meja kerja ternyata memberikan dampak yang kurang baik pada tubuh. Terlebih, rasa sakit pada beberapa bagian tubuh akan terasa saat Anda hanya sesekali beranjak dari kursi.

Sering Duduk Terlalu Lama? Hati-hati, Ini Bahaya yang Mengintai Anda

Jika Anda sering menghabiskan waktu seharian duduk di belakang meja, ada baiknya Anda waspada. Simak beberapa dampak negatifnya terhadap kesehatan, seperti dilansir dari laman Glamour.

Kelemahan otot bokong

Salah Posisi Duduk Bikin Pekerja Kantoran Rentan Sakit

Duduk sepanjang hari hanya akan membuat otot bokong menjadi melemah. Menurut Bespoke Treatments Physical Therapy, Dan Giordano, otot bokong sangat memengaruhi pergerakan pinggul, rotasi dan kestabilan pelvis sehingga kelemahan otot bokong akan berdampak pada ketiga hal itu .

Nyeri punggung

Studi: Duduk Lebih Dari 6 Jam Sehari Bisa Picu Diabetes

90 persen individu yang duduk dalam jangka waktu lama akan mengalami dampak pada kekuatan pinggulnya dan membuatnya sulit bergerak.

"Saat ini terjadi, pelvis Anda sulit berputar, menyebabkan kompresi dan memicu nyeri punggung," ujar Dan.

Mengubah bentuk bokong

Duduk dalam waktu lama dan dilakukan bertahun-tahun, berpotensi mengubah bentuk bokong. Bagian pelvis depan tegang sehingga berdampak pada bokong yang menjadi datar.

Selulit

Menurut personal trainer, Adam Gallo, duduk dalam jangka waktu lama akan membuat perubahan yang pada bokong, khususnya kulit. Itu karena duduk terlalu lama dapat membuat bokong kekurangan suplai darah dan membuat terbentuknya selulit karena kekurangan kolagen yang dibentuk dari aliran darah.

Ilustrasi pekerjaan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya