Kebiasaan Tidur Pria Berdampak pada Kesuburan

Pria tidur.
Sumber :
  • Pixabay/Olichel

VIVA.co.id – Sebagian besar pasangan, sering mengeluhkan sulitnya mendapatkan buah hati. Ternyata, sulit mendapatkan kehamilan, salah satunya disebabkan oleh waktu tidur, khususnya pria yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Para peneliti menemukan, bahwa pria yang kekurangan waktu tidur, berisiko menurunkan kesempatan hamil pada pasangannya sebesar 42 persen. Data yang dipresentasikan oleh American Society for Reproductive Medicine itu turut memaparkan bahwa pria yang tidur cukup selama delapan jam sehari, memiliki kesempatan tinggi untuk membuat pasangannya hamil.

"Hasil studi kami menemukan bahwa kesuburan pria masuk dalam daftar tolak ukur kesehatannya yang berkaitan dengan tidur cukup di malam hari," ujar penulis studi, Lauren Wise, dikutip dari laman Huffington Post.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Menurut Lauren, tidur cukup bagi pria, menjadi peran penting dalam meningkatkan kadar testosteron atau hormon kesuburan. Dari studi ini, ditemukan juga bahwa kadar testosteron terbanyak diproduksi oleh pria saat ia tidur.

"Durasi tidur dan kualitas yang baik, berkaitan dengan kadar testosteronnya, seiring dengan kualitas sperma yang dihasilkan," ujar Wise menambahkan.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Kemungkinan lainnya yaitu adanya irama sirkadian tubuh, yang juga berperan penting pada kesuburan pria.

(mus)

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024