Sering Terpapar Matahari Bisa Cegah Risiko Rabun Jauh

Ilustrasi santai di luar rumah
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVA.co.id – Rabun jauh adalah kondisi mata yang menyebabkan objek yang dekat terlihat jelas sementara objek yang jauh terlihat kabur. Kondisi ini juga disebut dengan istilah miopia.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Masalah ini, kini, mulai bayak diderita kaum muda. Namun, sebuah penelitian mengungkap, remaja dan orang dewasa muda yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar, cenderung memiliki risiko yang lebih rendah menderita rabun jauh di kemudian hari daripada mereka yang menghabiskan lebih sedikit waktu di luar.

Dalam penelitian diungkapkan, orang yang menghabiskan lebih banyak waktu terkena ultraviolet B radiasi (UVB), yang dihitung para peneliti berdasarkan paparan sinar matahari pada peserta antara usia 14 dan 39 tahun cenderung terhindar dari rabun pada 65 tahun daripada mereka yang menghabiskan waktu kurang terekspos radiasi UVB, seperti yang ditemukan para peneliti.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

"Peningkatan paparan UVB dikaitkan dengan penurunan miopia, terutama di masa remaja dan dewasa muda," tulis para peneliti dalam studi yang dipublikasikan baru-baru ini  dalam jurnal JAMA Ophthalmology.
Miopia adalah istilah yang digunakan dokter mata untuk rabun jauh, di mana orang bisa lebih jelas melihat benda-benda jika mereka lebih dekat.

Dilansir dari Live Science, dalam studi tersebut, para peneliti melihat 371 orang dengan rabun jauh dan 2.797 orang tanpa rabun jauh yang tinggal di berbagai lokasi di Eropa, termasuk Norwegia, Estonia, Prancis, Italia, Yunani, Spanyol dan Inggris. Orang-orang dalam penelitian ini  rata-rata berusia 65 tahun.

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Peneliti melatih penglihatan peserta, dan mengumpulkan sampel darah untuk memeriksa kadar vitamin D dalam darah mereka. Mereka melakukan itu karena penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsentrasi yang lebih tinggi vitamin D dengan risiko yang lebih rendah dari rabun jauh.

Para peneliti ini juga mewawancarai para peserta, mereka ditanyai tidak hanya tentang tingkat pendidikan mereka, diet dan sejarah medis, tetapi juga tentang berapa banyak waktu yang telah dihabiskan di luar ruangan pada pukul 09.00-17.00 sejak mereka berusia 14 tahun sampai dengan usia mereka saat ini.

Para peneliti kemudian menggunakan informasi tentang sejarah peserta dari paparan sinar matahari dan lokasi geografis mereka untuk menghitung tingkat jenis panjang gelombang sinar matahari di luar ruangan, termasuk panjang gelombang UVB, orang-orang telah terkena.

Ternyata orang-orang yang telah terkena tingkat yang lebih tinggi dari radiasi UVB, faktor yang berkaitan erat dengan berapa banyak waktu seseorang menghabiskan di luar ruangan dan terkena sinar matahari, saat remaja dan dewasa muda ditemukan terhindar dari risiko rabun jauh pada usia 65 tahun dibanding dari mereka yang telah terkena tingkat yang lebih rendah dari radiasi UVB.

Hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya, yang diterbitkan pada tahun 2015 dalam jurnal JAMA, yang menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar memiliki risiko lebih rendah menderita rabun jauh.

Namun, berbeda dengan penelitian sebelumnya, studi baru ini tidak menemukan hubungan antara kadar vitamin D dan risiko seseorang terkena rabun jauh, kata para peneliti.

Studi baru menunjukkan hubungan antara tingkat yang lebih tinggi dari paparan radiasi UVB dan resiko yang lebih rendah dari rabun jauh, tetapi tidak membuktikan bahwa ada hubungan sebab-akibat antara keduanya.

Para peneliti mengatakan, tidak jelas persis mengapa radiasi UVB atau paparan sinar matahari terkait dengan rendahnya risiko rabun jauh. Namun, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sinar matahari dapat membantu merangsang aktivasi sel-sel tertentu di mata, dan dapat memodulasi jenis tertentu dari pertumbuhan mata yang terkait dengan rabun jauh, kata para peneliti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya