Kolaborasi Indonesia-Korea Kembangkan Industri Fesyen

Young Creator Indonesia Fashion Institute (YCIFI)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Kerja sama Jakarta Fashion Week dengan para desainer Korea Selatan sudah terjalin sejak tahun 2012. Kini, untuk mempererat lagi kerja sama yang sudah terjalin lama, Jakarta Fashion Week menjalin kemitraan dengan Korea Foundation fo International Cultural Exchange (KOFICE) menyelenggarakan program Young Creator Indonesia Fashion Institute (YCIFI).

Sinergi Terbarukan Fashion dan Art dalam Jakarta Fashion Trend 2022

Program ini merupakan sebuah program mentoring yang diberikan kepada 40 mahasiswa terpilih dari seluruh Indonesia untuk dilatih menjadi fashion desainer, fashion blogger, dan fashion stylist. Mereka nantinya akan dipersiapkan untuk tampil di Jakarta Fashion Week 2018.

"Kami ingin membuka mata para mahasiswa yang memiliki minat besar terhadap fesyen bahwa ada banyak profesi yang terlibat di industri fesyen dan bisa menjadi profesi mereka di masa depan selain fashion designer dan stylist," ujar Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week saat konferensi pers di kawasan Cikini, Jakarta, Senin, 5 Desember 2016.

Bazar Hingga Fashion Show Digelar Selama 3 Hari, Ada Apa Saja?

Lenni menambahkan, dalam industri fesyen, fashion blogger juga memiliki peran yang besar dalam mendukung strategi marketing brand maupun label fesyen. Karena, fashion blogger mampu menjangkau audiens dalam waktu cepat dan jumlah yang semakin luas.

"Sebagai fashion designer pun mereka nantinya harus siap berkolaborasi dengan para blogger secara kreatif sehingga dapat membantu mereka dalam mengembangkan dan memasarkan produk," katanya.

Athan Siahaan dan Ulos Sepanjang 30 Meter di Festival Payung Indonesia

Selama lima hari, berpusat di ITB, Bandung, para peserta mendapatkan berbagai ilmu seputar dunia mode dan industri kreatif dari tenaga ahli Korea Selatan dan Indonesia seperti desainer, fashion director, fashion retail, maupun editor media fashion dan lifestyle. Mereka juga mendapat ilmu dari desainer ternama Indonesia serta para profesor dari fakultas seni rupa dan desain.

Seluruh peserta ini akan terus dilatih hingga siap tampil di Jakarta Fashion Week 2018. Satu karya peserta terbaik nantinya akan mendapat kesempatan memperagakan rancangan mereka di panggung fesyen terbesar di Asia Tenggara itu.

Kostum Geprek Bensu di Paris.

Fashion Show di Paris, Netizen Soroti Desain Baju Geprek Bensu

Brand makanan milik Ruben Onsu, Geprek Bensu tengah menjadi sorotan di media sosial Twitter. Menyusul keterlibatan mereka dalam gelaran fashion show di Paris.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022