Kemenpar Gelar Sayembara Desain Percantik Toilet Umum

Sayembara Desain Mempercantik Toilet Umum Kemenpar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Keberadaan toilet di tempat-tempat umum seperti objek, pariwisata menjadi faktor penting yang perlu di perhatikan. Bagaimana tidak, toilet yang kotor bisa mengganggu kenyamanan para wisatawan yang datang.

Warga Tasikmalaya Sulap Toilet Umum Jadi Bilik Suara Pemilu 2024

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) mengadakan sayembara desain toilet. Acara ini ditujukan agar ke depannya toilet umum di Indonesia mendapatkan desain toilet umum yang nyaman dan higienis.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizky mengatakan, Indonesia memiliki peringkat 50 dalam hal toilet bersih. Untuk itu perlu adanya komitmen menciptakan toilet yang nyaman dan higienis.

Gokil, Penampakan Desain Toilet SPBU di Sukabumi bak Hotel Bintang Lima: Mewah Banget

“Indonesia kurang kebersihan, makanya dengan adanya sayembara desain toilet umum ini akan menjadikan Indonesia selalu bersih. Toilet ini tentunya akan berada di kawasan pantai, konservasi alam, toilet apung di homestay, bandara hingga pasar rakyat,” ucap Dadang di Gedung Sapta Pesona, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 5 Desember 2016.

Hal serupa diakui, Direktur PT Media Artha Sentosa Teddy Halim di mana kegiatan Expo Clean sangat mendukung ajang ini demi terciptanya kebersihan.

2 Remaja Pakai Seragam Sekolah Diduga Kepergok Mesum di Dalam Toilet Mal

“Toilet umum harus manusiawi sehingga terbentuk kepuasan bagi wisatawan yang sedang menikmati keindahan Indonesia,” katanya

Ketua ATI Naning Adiwoso juga mengatakan penyelenggaraan sayembara ini sebagai upaya memberikan kesadaran kepada pemerintah daerah dan pengelola destinasi wisata untuk menyediakan fasilitas toilet umum yang layak bagi masyarakat.

"Kami sangat menghargai respons positif dari pemerintah dan Industri yang juga memiliki pemikiran sama dan mendukung program ini," tutur Naning.

Sayembara desain toilet umum ini terbuka untuk umum, bagi mahasiswa, masyarakat umum, pekerja desain maupun arsitek. Dan hadiah yang disiapkan untuk sayembara ini sebesar Rp300 juta. Bagi juara satu akan mendapatkan hadiah Rp50 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya