Menguak Manfaat Buah Pir

Buah pir.
Sumber :
  • Pixabay/ Pavlofox

VIVA.co.id – Konsumsi buah-buahan sudah cukup lama diketahui bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan vitaminnya juga bisa menjaga pertahanan tubuh dari serangan penyakit.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Apel, pisang, jeruk, delima menjadi buah populer yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun pada dasarnya semua buah memiliki manfaat yang kurang lebih sama, hanya saja tidak semua orang mengetahui khasiat buah lain secara spesifik bagi kesehatan.

Pir merupakan salah satu buah yang tidak begitu sering terdengar namanya. Sebenarnya buah ini pun memiliki khasiat yang tidak kalah hebat dibanding buah lain. Ingin tahu manfaat buah pir untuk kesehatan, berikut di antaranya dilansir laman besthealthmag.ca.

Daftar Buah Penurun Kolesterol Usai Makan Daging di Idul Adha

Kaya Serat

Dengan teksturnya yang lembut, mungkin ada yang tidak menyadari bahwa buah ini mengandung serat. Pir berukuran sedang bisa menambah asupan serat larut dan tak larut sebesar 5 gram yaitu 20 persen dari kebutuhan serat harian. Serat ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Manfaat Lain Buah Pir, Bantu Atasi Permasalahan Kulit Sensitif

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Illionis menunjukkan, bahwa serat larut baik untuk menjaga sistem imun dan serat tak larut baik untuk pencernaan.

Kaya Antioksidan

Ketika pir sudah matang, kadar antioksidannya pun ikut meningkat. Seperti yang diketahui antioksidan baik untuk menangkal radikal bebas. Peneliti dari University of Innsbruck Austria juga menemukan bahwa ketika pir matang, klorofil berubah menjadi antioksidan aktif di bagian kulit dan daging buah di bawah kulit tersebut.

Membantu Menyerap Zat

Konsumsi 250 mililiter kandungan air buah pir pada saat makan akan memenuhi kebutuhan harian vitamin C sebesar 10 persen. Vitamin C dibutuhkan untuk menyerap zat besi lebih baik agar produksi darah merah pun meningkat.

Baik untuk Otak

Pir berukuran sedang dapat memenuhi kebutuhan copper harian sebesar 15 persen. Copper adalah senyawa yang baik untuk kekuatan sistem saraf. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University School of Medicine, Missouri, Amerika Serikat. Senyawa ini juga bertanggungjawab untuk bekerja dengan bagian otak yang mengurus kemampuan belajar dan ingatan manusia.

Kaya Vitamin K

Satu buah pir sedang mampu memenuhi asupan vitamin K harian sebanyak 8 persen. Peneliti dari Mayo Clinic, Minnesota menemukan, bahwa kanker pada sistem imun berkurang sebesar 45 persen pada mereka yang banyak mengonsumsi vitamin K.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya