Indonesia akan Pangkas Jumlah Negara Bebas Visa

Candi Borobudur.
Sumber :
  • REUTERS/Andreas Fitri Atmoko/Antara Foto

VIVA.co.id – Pada April 2016 lalu, Indonesia membebaskan visa terhadap 169 warga negara asing yang ingin berkunjung ke Indonesia. Berkat hal tersebut jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Indonesia semakin bertambah. 

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Kementerian Pariwisata mencatat pada tahun 2016 ini setidaknya ada kenaikan rata-rata sebesar 20 persen kunjungan wisman yang datang ke Indonesia dari negara-negara yang memperoleh bebas visa, contohnya Australia. Semenjak dikeluarkan bebas visa bagi warga Australia datang ke Indonesia, saat ini terjadi peningkatan 26 persen warga Australia mengunjungi Indonesia.

"Kita evaluasi, tahun ini rata-rata negara yang dibuka visa, naik 20 persen," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Rakornas Kemenpar VI di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Desember 2016.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Namun Menteri Pariwisata menegaskan, untuk ke depannya Indonesia tidak menambah lagi kuota negara bebas visa, pihaknya bahkan akan mencoret negara-negara yang kunjungan wismannya sedikit.

"Apakah tahun depan ditambah? Jawabnya tidak, bahkan akan kita kurang kalau negara tersebut kurang berkontribusi," katanya.

Dampak Corona, Devisa Pariwisata Hilang Rp21,75 Triliun
Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Demi meyakinkan wisatawan, khususnya dalam negeri, Sandiaga Uno telah meninjau langsung beberapa destinasi wisata di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021