5 Pelajaran Penting dari Drama 'Romantic Doctor Teacher Kim'

Romantic Doctor, Teacher Kim
Sumber :
  • SBS

VIVA.co.id – Jangan pandang sebelah mata para pecinta drama Korea. Sudah jadi rahasia umum drama Korea selalu menyimpan banyak pesan moral yang terkadang terlalu sayang untuk dilewatkan.

Sempat Ditunda, Ini Sinopsis Kill Heel yang Tayang Malam Ini

Kali ini giliran drama yang awalnya diragukan karena mengusung tema yang sama, dokter. Sebelumnya SBS sebagai stasiun penyiaran sudah pernah memutar banyak drama tentang dokter, mulai dari Doctor Stranger yang dibintangi Lee Jong Suk, kemudian The Gang Doctor oleh Jo Woon dan Kim Tae Hee, yang terakhir tahun 2016 Doctors oleh Park Shin Hye dan Kim Rae Woon.

Bila dirunut ke belakang, SBS selalu memiliki drama bertema dokter setiap tahunnya. Karena itu saat kali pertama diumumkan, drama Romantic Doctor, Teacher Kim tidak mendapat sambutan hangat. Tapi, setelah berjalan 8 episode, drama ini terus menunjukkan rating memuaskan.

Drama Thirty-Nine Gak Tayang Minggu Depan, Ini Alasannya

Berdasar data AGB Nielsen, angka rating meroket hingga 21,7 persen. Rating ini mengalahkan drama Doctors sebelumnya dengan puncak tertinggi hanya di angka 21,3 persen pada episode 15.

Dengan rating mencapai 20 bahkan di saat baru setengah jalan, bisa dibilang drama yang dibintangi Yoo Yeon seok, Seo Hyun jin dan Han Suk kyu ini tengah menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini.

10 Drama Korea Bikin Nangis, Siapin Tisu Kalau Mau Nonton

Bercerita tentang seorang dokter jenius yang awalnya bekerja di rumah sakit papan atas di Seoul, kemudian memilih mengabdi di sebuah rumah sakit kecil di pinggir kota. Dia menjadi pembimbing bagi dua dokter muda yang awalnya juga bekerja di rumah sakit besar namun akhirnya memilih bekerja di rumah sakit kecil bernama Doldam.

Di sana dia mengajarkan pada kedua dokter yang semula arogan tersebut menjadi dokter hebat, mengajarkan pada mereka bagaimana melawan kekuasaan dan uang demi kepentingan pasien.

Dari rilis yang diterima redaksi, berikut ini lima pelajaran penting yang bisa diambil dari drama yang tayang setiap Selasa dan Rabu ini.

Penyesalan lebih buruk dari kegagalan

Dalam cerita ini Guru Kim selalu mampu memberi petunjuk jalan yang benar bagi Kang Doo Joo (diperankan oleh Yoo Yoo Yeon seok) dan Yoon Seo Jung (diperankan Seo Hyun jin) di saat mereka ada di persimpangan jalan.

Drama ini mengajarkan bagaimana orang bangun dari keterpurukan, tapi jangan pernah mengulang penyesalan.

Jangan balas dendam dengan amarah, tapi dengan kemampuan

Yang bisa dilakukan ntuk melawan pemimpin korupsi adalah dengan menjadi lebih baik dari mereka. Seperti yang dilakukan Guru Kim saat melawan Presiden Go (Direktur rumah sakit Geodae) dengan tidak menggunakan amarah melainkan menjadi orang yang lebih baik.

Selamatkan pasien lebih dahulu

Guru Kim dengan sangat jelas tidak pernah ragu melawan aturan untuk menyelamatkan nyawa, meski dia tidak pernah menasehati dokter lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Dokter bukan pembuat keajaiban

Setidaknya bukan mereka sendiri, ada pengemudi ambulans, staf administrasi rumah sakit, perawat, semuanya memiliki peran dalam menjaga kestabilan kondisi pasien.

Saat kalian menghadapi apa yang tampak seperti kesulitan, ingat ini, kalian tidak sendiri, lihat kembali tim kalian.

Bukan seberapa bagus kalian tapi seberapa bagus kalian ingin menjadi

Dokter Kang Dong Joo bisa menjadi contohnya, bukan tentang bagaimana dia sering menyebabkan masalah, tapi bagaimana dia selalu bisa mengembangkan dirinya. Dengan tantangan yang berbeda, tapi ide awalnya sama, yaitu tentang cara berpikir, jika kamu berpikir bisa lebih baik, jadilah lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya