Kontes Anjing Bertaraf Internasional Digelar di Semarang

Semarang Internasional Dog Show 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Sebuah kontes anjing bertaraf internasional hadir di Kota Semarang, Jawa Tengah. Acara ini bertajuk Semarang Internasional Dog Show 2016 itu di helat pada tanggal 10-11 Desember 2016 mendatang.

Mr Happy Face Jadi Pemenang Kontes Anjing Terjelek di Dunia 2022

Ketua Panitia Internasional Semarang Dog Show 2016, Sugiarto mengatakan, selain diikuti oleh ratusan peserta dalam negeri, ratusan peserta luar negeri dipastikan telah ikut serta.

"Dari target 300 peserta saat ini sudah ada 275 peserta yang mendaftarkan. Untuk peserta luar negeri paling banyak dari Malaysia, Singapura dan Filipina," kata Sugiarto di Semarang, Rabu, 7 Desember 2016.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Semarang Lampaui 100 Persen

Kontes anjing berskala internasional itu, lanjut Sugarto, memang diperuntukkan bagi seluruh anjing ras yang ada di dunia. Tujuan utamanya untuk memajukan anjing ras serta mewadahi para penyuka anjing yang banyak diminati warga selama ini.

Sejumlah kategori lomba pun akan di helat selama dua hari di Ball Room UTC Semarang. Di antaranya; Dog Show yang menilai anatomi anjing, mulai cara jalan layaknya model, gigi, bulu dan fisik termasuk penilaian kesehatan anjing ras. Kontes ini juga akan menyajikan kompetisi ketangkasan anjing atau Agility.

Kasus COVID-19 di Kota Semarang Mendadak Melonjak Lagi

"Penilaian lomba ini kita libatkan sembilan juri dari dalam dan luar negeri. Masing-masing dua juri asal Australia, satu Swiss, satu Amerika Serikat, satu Thailand dan empat juri asal Indonesia," ujarnya.

Tak hanya lomba, acara ini juga diramaikan dengan berbagai stan penjualan kebutuhan anjing, serta program vaksin murah, bekerjasama dengan dokter hewan di Kota Semarang. Acara juga menggandeng Pemerintah Kota Semarang dengan memperebutkan piala Wali Kota Cup.

Sementara Humas Persatuan Kinologi Indonesia (Perkin) Jawa Tengah, Lindawati menambahkan, acara itu diperuntukkan untuk umum sekaligus sebagai ajang sosialisasi keguaan anjing bagi masyarakat. Harapannya acara itu juga sekaligus sebagai sarana hiburan dan promosi wisata di Jawa Tengah.

"Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp10 ribu sekali masuk. Untuk pendaftaran peserta juga cukup murah, yakni Rp600 ribu untuk baby class, Rp1 juta untuk anjing dewasa serta Rp300 ribu untuk agility," kata Linda.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya