Ketiga Bahaya Ini Intai Si Kecil Saat di Rumah

Ilustrasi balita aktif bergerak
Sumber :
  • Pixabay/techlec

VIVA.co.id – Usia anak-anak, cenderung suka memasukkan banyak hal ke dalam mulutnya. Hal ini berdampak pada risiko si kecil mengalami tersedak hingga keracunan.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Seringkali, saat acara keluarga berlangsung, si kecil cenderung bebas bergerak tanpa pengawasan yang ketat. Bahayanya lagi, beberapa risiko seperti keracunan dan tersedak, bisa berdampak dalam jangka panjang.

Karena itu, dikutip dari laman todaysparent, berikut ini tiga hal sederhana di dalam rumah yang harus diwaspadai orangtua, agar anak terhindar dari bahaya.

Pakar Gizi Paparkan Pentingnya Zat Besi untuk Pertumbuhan Fisik dan Kognitif Anak

1. Benda dan perabot di dalam rumah

Mungkin terdengar sepele, namun benda dan perabot sederhana di dalam rumah juga bisa sebabkan anak keracunan, bahkan iritasi mata.

Mana yang Lebih Baik Antara Susu UHT dan Susu Formula untuk Anak? Begini Kata Pakar Gizi

2. Tersedak

Risiko tersedak juga bisa terjadi oleh beberapa makanan ringan seperti kacang, popcorn, dan buah anggur. Jika hal ini terjadi, segera cuci mulut si kecil dengan air bersih.

3. Sumber api

Risiko lainnya adalah sumber api. Terjadinya kebakaran, akibat sumber api kecil yang mungkin dimainkan anak-anak. Untuk itu, jauhkan benda-benda berbahaya yang mungkin memicu kebakaran seperti lilin, radiator, dan sumber panas lainnya.

Untuk itu, sebelum hal-hal tersebut terjadi, sebaiknya para orangtua telah melakukan antisipasi dengan tidak memajang barang-barang yang mungkin disentuh si kecil dan berbahaya terhadap ketiga risiko tersebut.

Mengajarkan balita bersih-bersih

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya