Alasan Kista dan Mioma Sebabkan Nyeri saat Menstruasi

Ilustrasi perempuan
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Kista dan Mioma, cenderung menjadi momok menakutkan bagi para wanita. Sebab, keduanya disebut-sebut menjadi pemicu rasa nyeri saat menstruasi tiba.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Kista dan Mioma merupakan hal yang serupa yaitu benjolan yang timbul di sekitar rahim. Perbedaannya, mioma timbul di otot rahim sedangkan kista di indung telur.

"Gejala dari mioma dan kista, yang paling gampang dilihat itu adalah adanya nyeri haid. Biasanya, nyeri haidnya yang tidak normal dan mengganggu aktivitas," ujar spesialis kandungan, dr. Kathleen Juanita, SpOG, di Siloam Kebon Jeruk Jakarta, Kamis, 8 Desember 2016.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Menurut Kathleen, rasa nyeri saat menstruasi, wajar terjadi. Namun, saat sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, hal itu memang menjadi gejala adanya mioma dan kista.

“Benjolan pada rahim dan sel indung telur itu sudah cukup mengganggu, ditambah adanya kontraksi saat menstruasi, membuat haid semakin terasa tidak nyaman. Tapi sebenarnya, pemicu rasa nyeri itu ada banyak lagi selain timbulnya mioma dan kista," tuturnya.

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Yang patut diwaspadai adalah saat benjolan pada mioma dan kista, telah berubah menjadi ukuran yang tidak normal. Sehingga, disarankan agar para wanita mau untuk rutin ke dokter untuk memantau ukuran dari benjolan mioma dan kistanya.

"Yang patut dilakukan cukup observasi terus ke dokter agar melihat bagaimana perkembangan ukuran benjolan itu. Atau kalau ada gejala, bisa kita segera redakan," kata dia.

Wanita nyeri menstruasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya