Mencicipi Gurihnya Soto Kudus Kaldu Ayam Kampung

Soto Kudus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Siapa yang tidak kenal hidangan khas Nusantara satu ini. Soto Kudus, makanan yang berasal dari daerah Jawa Tengah ini telah cukup dikenal bahkan hingga luar Jawa.

Deretan Ide Masakan untuk Merayakan Hari Lebaran

Terdapat dua jenis soto Kudus yang lazim dinikmati yaitu soto Kudus daging ayam dan daging kerbau. Namun, soto Kudus satu ini tidak menggunakan ayam biasa, melainkan menggunakan ayam kampung.

Ayam yang diketahui kaya gizi ini digunakan sebagai campuran dan kaldu soto. Edi Prastowo, selaku pemilik Soto Kudus Kauman Ayam Kampung mengatakan, rasa ayam kampung membuat rasa kaldu menjadi lebih gurih ketimbang ayam negeri.

Resep Soto Ayam Kuah Kuning, Hidangan Hangat dan Lezat untuk Buka Puasa

"Kita gunakan tulangnya untuk kaldu dan dagingnya untuk campuran soto, rasanya lebih gurih," kata Edi saat ditemui di kedainya di kawasan Sudirman, Kamis, 8 Desember 2016.

Rasa kuah soto ini pun tidak terlalu asin dan sayuran yang digunakan pun masih sangat segar. Akan semakin nikmat jika dinikmati saat cuaca dingin.

Viral Penjual Soto Pakai Apple Vision Pro untuk Catat Pesanannya, Warganet Melongo: Versi 4.0

Untuk bumbu, Edi mengatakan bahwa bumbunya dikirim langsung dari daerah Kauman, Yogyakarta. Sehingga rasanya tidak berbeda jauh dari soto Kudus yang ada di sana.

Meskipun berada di tempat yang cukup strategis, yakni di Jalan Kendal No.7A, Menteng, Jakarta Pusat, harga untuk satu porsi soto cukup bersahabat yaitu Rp14 ribu saja.

Tidak hanya soto, kedai ini juga menyediakan menu lain yaitu sop buntut, dimsum, pindang patin dan masih banyak lagi, mulai dari harga Rp5 ribu hingga Rp35 ribu.

Menariknya lagi, kedai ini juga memberikan satu paket soto Kudus gratis bagi ibu hamil setiap hari. "Untuk menghargai ibu hamil aja yang susah payah melahirkan anak. Jadi mau makan setiap hari di sini boleh, enggak ada batas waktu," kata Edi.

Sayangnya, untuk saat ini kedai berkonsep kantin ini hanya mampu menampung 80 orang pengunjung. Anda sudah bisa datangi kedai ini mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya