Berpikir Optimis Bisa Bikin Panjang Umur

Ilustrasi yoga bagian dari meditasi untuk detoks
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Selalu berpikir positif dan optimistis, ternyata tidak hanya membantu mempermudah menyelesaikan masalah, tetapi juga membuat Anda panjang umur.

Happy Salma Beri Tips Agar Lebih Menawan Saat Mengenakan Perhiasan

Dalam sebuah studi terbaru di Harvard University, wanita yang memiliki pandangan optimistis mudah terhindar dari risiko meninggal dari beberapa penyebab, termasuk penyakit mematikan seperti penyakit jantung, kanker, dan infeksi.

Penelitian ini, bukan yang pertama yang mencari hubungan antara manfaat optimisme dan kesehatan. Penelitian lain, sebelumnya juga telah mengaitkan berpikir positif dengan risiko yang lebih rendah meninggal akibat masalah kardiovaskular. Tetapi, ini adalah pertama kalinya penelitian yang dikaitkan dengan perlindungan dari penyakit utama lainnya.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Peneliti menganalisis lebih dari 70 ribu perempuan yang terdaftar dalam Studi Kesehatan Perawat Nasional. Para wanita menjawab pertanyaan survei tentang kesehatan mereka dan keadaan mental, termasuk pandangan mereka terhadap kehidupan selama total delapan tahun.

Dalam rentang itu, wanita dengan peringkat teratas untuk optimisme memiliki risiko 29 persen lebih rendah meninggal akibat penyebab apapun, dibandingkan dengan mereka yang optimismenya lebih rendah.

Rahasia Terungkap! Ternyata Begini Aroma Tubuh Putri Marino yang Bikin Fans Penasaran

Secara khusus, mereka memiliki 52 persen lebih rendah kemungkinan meninggal akibat infeksi, 39 persen lebih rendah untuk meninggal akibat stroke, 38 persen lebih rendah dari kematian akibat jantung atau penyakit pernapasan, dan 16 persen lebih rendah dari kematian akibat kanker.

"Sementara, sebagian besar upaya kesehatan medis masyarakat hari ini fokus pada pengurangan faktor risiko untuk penyakit, sebuah bukti telah meningkat bahwa meningkatkan ketahanan psikologis juga dapat membuat perbedaan," kata salah seorang kepala peneliti Eric Kim, PhD, seorang peneliti di Harvard T.H. Chan School of Public Health, seperti dilansir Health.com.

Temuan baru ini menunjukkan pentingnya meningkatkan optimisme, yang telah terbukti berhubungan dengan perilaku sehat dan cara sehat untuk mengatasi tantangan hidup. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya