Fenomena Tiga Matahari Muncul di Rusia

Sun Dog
Sumber :
  • wikimedia commons

VIVA.co.id – Baru-baru ini fenomena tiga matahari muncul di belahan bumi bagian utara, tepatnya di St. Petersburg, Rusia. Apakah pertanda akan datang kiamat sudah dekat?

Pergerakan Tanah Terjadi di Kotabaru, 4 Warga Tewas

Jangan kaget dahulu, ternyata fenomena tersebut sudah sering terjadi di bumi belahan bagian utara. Fenomena langka yang sangat indah itu biasa disebut sun dog atau dalam bahasa ilmiahnya Parhelion yang membuat planet Bumi seolah memiliki tiga matahari.

Dilansir dari laman The Sun, fenomena sun dog itu berhasil diabadikan oleh seorang fotografer di St. Petersburg, Rusia. Dalam foto tersebut, terlihat jelas ada tiga cahaya matahari yang bersinar di langit.

Apakah Ramalan Mbak You Selalu Benar?

Maria Borukha, Kepala Sains Popular di St. Petersburg Planetarium, mengatakan “matahari palsu ini sering dikenal dengan nama sun dog.”

Ia menjelaskan bahwa sun dog merupakan fenomena atmosfer yang terdiri dari sepasang titik terang yang muncul di kedua sisi matahari. Menurutnya, fenomena ini bisa dilihat di berbagai belahan dunia di musim apapun.

Fenomena Alam 2020: Hujan Meteor, Dentuman Misterius hingga Awan UFO

Keajaiban alam ini biasanya terjadi selama cuaca dingin, ketika cahaya matahari dibiaskan dari kristal es yang mengambang di udara.

Foto tiga matahari itu langsung beredar di media sosial. Beberapa orang juga mengklaim melihat fenomena serupa di daerah lain.

ilustrasi warga soal hujan es.

Ini Penyebab Hujan Es Landa Kota Surabaya

Sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur, dilaporkan diguyur hujan es pada Senin sore, 21 Februari 2022.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022