Cara Tepat Hindari Polusi Udara Penyebab Penyakit Jantung

Masker Polusi Udara
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Menjalani gaya hidup sehat, bukan berarti Anda terhindar dari bahaya penyakit jantung. Karena, salah satu faktor terbesar yang juga menjadi pemicu timbulnya penyakit tersebut yaitu polusi udara.

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Studi yang dipublikasikan pada akhir Oktober 2016 di American Heart Association, di jurnal Circulation Research, menemukan bahwa polusi udara turut menyumbangkan kerusakan pada pembuluh darah hingga peradangan. Penemuan mengerikan tersebut, ternyata dapat dicegah dengan enam langkah proaktif, seperti dilansir dari laman prevention.

Pertama, kurangi berjalan-jalan saat jam sibuk yakni saat pekerja kantoran pulang dan pergi. Sebisa mungkin, jaga jendela mobil tetap tertutup dan menggunakan penggunaan resirkulasi udara.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Kemudian, jika Anda lebih sering di rumah, sebaiknya hindari asap yang terlalu banyak saat memasak dengan penggunaan kipas penghisap di atas kompor. Selain itu, gunakan kompor gas atau elektrik yang mencegah timbulnya asap terlalu banyak.

Setelahnya, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan dan produk pembersih rumah dengan aroma sitrus. Sebab aromanya diyakini mampu bereaksi terhadap ozon di udara.

Begini Cara Pasien Kanker Paru-paru Harus Berhati-hati saat Hadapi Polusi Udara

Disarankan juga untuk aplikasi penyaring di sistem udara di rumah, yang dapat menyadap partikel-partikel kecil. Jika tidak memiliki sumber udara utama, bisa diganti dengan pembersih udara portable yang juga efisien.

Saran terakhir dari spesialis kardio, Jennifer Haythe, MD, menuturkan untuk rutin memeriksa kadar kualitas udara di kawasan Anda. Saat kondisi polusi sedang sangat tinggi, sebaiknya hindari berolahraga di luar dan di tempat keramaian kendaraan.

Polusi Udara di Jakarta Meningkat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya