Tips Sukses pada Umur 30-an

Ilustrasi duduk
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Usia 20 tahun adalah masa untuk mengeskplorasi diri lebih jauh dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Namun, proses pembelajaran ini terkadang membingungkan sekaligus menyenangkan. 

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Dipandang sebagai masa-masa 'formatif', apa yang Anda lakukan selama masa tersebut dapat menentukan kesuksesan Anda di masa mendatang baik secara karier maupun sosial.

Lalu apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan pada usia 30-an kelak? Berikut tiga hal yang dapat Anda lakukan.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Melakukan hobi untuk stimulasi mental

Beberapa aktivitas seperti menulis dan berolahraga dapat bermanfaat untuk melatih IQ dan menyegarkan kembali otak. Dikutip laman My Domaine, salah seorang pengguna Quora, Deepak Mehta menyarankan untuk mencoba bermain puzzle, memperbanyak permainan peran atau catur sebagai alternatif untuk menstimulasi pikiran dan menjaga kesehatan mental.

Girl Group Cherry Bullet Resmi Dibubarkan, Agensi Ucap Terima Kasih ke Penggemar

Keluar dari zona nyaman secara sosial

Sebelum usia 30-an, sebaiknya pada usia 20-an memperbesar lingkar pertemanan dan juga pengembangan kemampuan sosial Anda. Dua hal ini sangat diperlukan untuk menghadapi masa-masa menuju kedewasaan. 

"Saya tahu bahwa setelah berkuliah, kelompok sosial pun seringkali berubah. Oleh karena itu, bergabung dengan kelompok organisasi dapat membantu mengembangkan lingkaran sosial seseorang," tulis Hunter McCord dalam situs Quora. 

Cobalah untuk memperluas jaringan Anda dengan mengikuti acara-acara tertentu, bergabung dengan sebauh klub atau mengikuti kegiatan sosial lain.

Selalu mengikuti perkembangan

Saat ini informasi mudah berselliweran di mana-mana terutama sejak kemunculan media online. Fokus pada kejadian paling diperbincangkan adalah cara termudah untuk mengembangkan pengetahuan. 

"Keuntungannya adalah Anda akan menemukan minat Anda (ketika membaca berita), entah itu suatu hal yang memang Anda sukai atau sebuah lahan yang bisa Anda beri kontribusi di dalamnya," ujar Heide McDonald di situs yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya