Cara Agar Tubuh Lakukan Detoksifikasi Alami

Ilustrasi sistem pernapasan dan paru-paru.
Sumber :
  • Pixabay/OpenClipart-Vectors

VIVA.co.id – Detoksifikasi bukan sekadar membuang zat mengandung racun dalam tubuh. Hal itu juga ternyata mencakup membuang pemikiran lain yang mungkin saja termasuk dalam 'racun' yang patut dikeluarkan.

Awas! Puasa Ramadhan Bisa Bikin Gemuk? Ini Kebiasaan yang Harus Dihindari

Detoksifikasi bisa melalui beragam cara seperti diet, olahraga dan lain sebagainya. Namun, untuk benar-benar mengeluarkan seluruh racun di tubuh, cara sederhana dan kecil ini dapat dilakukan, seperti dikutip dari laman Glamour.

Sebenarnya, tubuh memiliki cara otomatis untuk mendetoksifikasi secara alami. Tubuh biasanya melakukan detoksifikasi dengan cara mengeluarkan urine, buang air besar dan pernapasan.

Pria Ini Pilih Mualaf Setelah Keluar Masuk Penjara Gara-gara Kecanduan Obat-obatan

"Kabar baiknya, tubuh akan melakukan detoksifikasi sendiri sepanjang hari melalui organ hati, kulit, paru. ginjal dan kolon," ujar penulis The 28 Day Plant-Powered Reboot, Jessica Jones.

Melalui pernapasan adalah cara termudah tubuh mendetoksifikasi racun. Dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, maka racun bisa keluar dengan sendirinya. Sebab itu, bernapas dalam yoga sangat berguna untuk mengeluarkan racun.

Deretan Manfaat Makan Buah di Pagi Hari

Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang diolah terus-menerus, hanya akan membuat tubuh semakin terasa tidak sehat dan kelebihan racun.

Maka, disarankan konsumsi makanan yang diolah secara sehat dan sayur mayur. Di mana, keduanya sangat baik untuk memperlancar pengeluaran kotoran dari kolon.

Hal terakhir yang sering dilupakan yaitu membuat lingkungan sekitar yang bersih dari polusi udara dan paparan pestisida. Serta, kecukupan vitamin dan mineral untuk membuat tubuh mampu mengeluarkan racun dalam dirinya secara otomatis.

Manfaat Detoks Mandi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya