Beberapa Kondisi Ini Rentan Terhadap Diabetes Tipe Dua

Cek Diabetes di Klinik Diabetes Care di Jakarta.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Sebagian besar masyarakat, cenderung tidak menyadari bahwa tubuhnya berisiko tinggi mengalami diabetes tipe dua. Padahal, hal-hal kecil yang terjadi di hidup Anda, bisa menjadi salah satu yang termasuk berisiko terkena penyakit tersebut.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Sebenarnya, semua orang memiliki risiko terhadap penyakit diabetes tipe dua. Hanya saja, risiko tersebut bisa sangat tinggi maupun rendah serta angka kejadiannya bisa dicegah, jika hal kondisi tersebut diketahui sejak dini, dikutip dari laman Prevention.

Salah satu risiko tinggi tersebut yaitu adanya riwayat keluarga, di mana gen dan kebiasaan di lingkungan keluarga, setidaknya dapat meningkatkan berkembangnya diabetes. Selain itu, yang paling sering diwaspadai yaitu kelebihan distribusi berat dan lemak di tubuh, yang membuat tubuh semakin resisten terhadap hormon insulin.

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Usia juga menjadi salah satu yang memengaruhi diabetes, yaitu saat usianya mencapai 45 tahun, risiko mengalami diabetes akan semakin bertambah. Para pensiunan juga berisiko tinggi terhadap perkembangan diabetes karena usia tersebut rentan terjerumus ke gaya hidup yang lebih tidak sehat.

Kondisi rentan juga dialami oleh wanita dengan riwayat melahirkan bobot bayi yang lebih dari empat kilogram. Kondisi tersebut membuat diabetes semakin berkembang di kehidupan selanjutnya.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Beberapa penyakit lain, juga diyakini bisa memicu timbulnya diabetes tipe dua seperti hipotiroid, polisistik ovary sindrom, riwayat stroke, dan intoleransi gluten. Hal terakhir yang patut diwaspadai adalah bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur yang buruk, di mana dapat memicu obesitas.

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi kue kering

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Lebaran sangat identik dengan hidangan bersantan seperti kare dan opor, berminyak seperti goreng-gorengan, dan makanan manis seperti kue kering dan cokelat. Apa dampaknya

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024