Sulit Bangun Pagi Jadi Salah Satu Sinyal Stres

Ilustrasi lelah
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA.co.id – Tubuh sebenarnya akan menunjukkan beberapa gejala saat sedang berada di bawah kondisi stres. Terlebih, tanda-tanda tersebut biasanya mengganggu aktivitas Anda, namun jarang dikenali.

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Jika kondisi stres dibiarkan terus-menerus, biasanya akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kenali beberapa kondisi tubuh sedang dalam keadaan stres, dikutip laman Prevention.

1. Sulit bangun pagi dan terasa lelah

Warna Alam Pengaruhi Psikologis, Bisa Mengurangi Stres

Untuk mampu bangun di pagi hari, dibutuhkan energi yang cukup. Namun, saat stres dalam jangka lama, kortisol akan sulit diproduksi oleh kelenjar adrenal dan menyebabkan sumber energi terhambat.

Selain itu, kelelahan akan sangat terasa sepanjang hari akibat istirahat yang kurang. Tubuh akan terus menerus terasa lelah dan tidak segar.

Ramalan Zodiak Sabtu 2 Maret 2024, Cancer Mengalami Perubahan Secara Tiba-tiba

2. Ketidakseimbangan elektrolit

Kondisi stres yang terlalu lama, dapat memicu ketidakseimbangan elektrolit. Untuk sebagian orang, jika elektrolit tersebut tidak seimbang, membuatnya ingin mengonsumsi makanan asin.

Selain itu, kondisi elektrolit yang tidak seimbang juga memicu rasa pening yang terjadi secara tiba-tiba.

3. Menstruasi tidak rutin

Tubuh cenderung memprioritaskan hormon untuk menangani stres dibandingkan hormon lainnya, terutama hormon seks. Stres kronik biasanya memicu pada ketidakseimbangan dalam hormon yang dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak rutin, PMS, bahkan berkontribusi pada keguguran.

4. Gula darah tidak imbang

Stres dalam waktu lama, juga memicu kondisi gula darah yang tidak seimbang. Hal ini membuat aktivitas menjadi terhambat karena gula darah dibutuhkan tubuh untuk membentuk energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya