Ria Miranda Persembahkan 5 Tema Koleksi Musim Panas 2017

Busana Karya Ria Miranda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Desainer kenamaan Ria Miranda berhasil mempersembahkan karya terbaiknya untuk koleksi Spring Summer 2017. Bertajuk Relationship, dalam show kali ini, Ria Miranda menampilkan 44 tampilan yang terdiri atas lima tema koleksi pada acara Ria Miranda Annual Trend Show 2017.

Desainer Ria Miranda Gelar Annual Show, Angkat Modest Fashion Buatan Lokal

Beberapa tema koleksi yang dia tampilkan, seperti Dejavu, Principia, Florette, Daily-Essentials, dan Mind. Masing-masing dari tema yang dihadirkan menampilkan delapan hingga 10 koleksi.

"Dalam annual show kali ini, saya menampilkan 44 koleksi dari lima tema koleksi dan bertema besar relationship. Mengapa mengambil tema tersebut karena saya yakin bahwa hubungan sesama manusia dan alam sekitar disebut horizontal relationship dan hubungan personal dengan sang pencipta disebut vertical relationship," ujar Ria Miranda saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu, 10 Desember 2016.

Ria Miranda Annual Show 2022, Karya Berbalut Budaya

Ria menjabarkan, untuk tema Dejavu, dia tetap konsisten dengan terus mengeksplorasi kekayaan kain tradisional Indonesia, khususnya berasal dari Sumatera Barat. Garis tangan kotak-kotak kecil terlihat begitu senada dengan bentuk motif songket yang penuh improvisasi, namun terlihat modern yang didominasi oleh siluet yang lurus seperti baju kurung.

Untuk koleksi Principia, Ria ingin berpesan melalui koleksinya bahwa sebagai manusia harus lebih memerhatikan kondisi alam saat ini. Terlihat dari beberapa koleksinya yang menghadirkan potongan busana yang tegas, namun ringan merepresentasikan karakter wanita yang lemah lembut dengan motif pattern topografi bumi dan iconic pattern khas Ria Miranda.

Digelar Virtual, Ria Miranda Pamerkan Tren Modest Fashion 2021

Lalu, untuk koleksi Florette, Ria sengaja menggandeng ilustrator muda berbakat yakni Cempaka Surakusumah untuk mengembangkan ciri khas desain Cempaka dengan iconic pattern Ria Miranda. Florette menggambarkan simbol vertical relationship di mana bentuk geometris, bunga-bunga kecil, dan penggunaan warna ceria berpadu menjadi satu kesatuan serta terkesan modern.

Sementara itu, Daily-Essentials merupakan bagian koleksi ready to wear Ria Miranda yang memiliki gaya daily streetwear dengan mengutamakan kenyamanan dan esensi. Koleksi ini terdiri atas blouse, kemeja, outer yang kasual dan cocok untuk digunakan untuk gaya berbusana santun sehari-hari.

Terakhir, koleksi Mind yang diperuntukkan khusus untuk pakaian pria sekaligus merupakan bagian baru dari Ria Miranda. Koleksi ini terinspirasi dari baju tradisional Jawa, seperti beskap dan surjan yang didesain terlihat modern dan kekinian.

Busana Karya Ria Miranda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya