Kuah Pliek, Obat Trauma Korban Gempa Aceh

Kuah Pliek masakan khas Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zulfikar Husein

VIVA.co.id – Pengungsi korban gempa di Desa Raya, Kecamatan Triengadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, memasak ‘kuah pliek’ sabagai menu santapan siang untuk pengungsi di posko tersebut. Makanan tradisional Aceh tersebut dimakan bersama, sekaligus dijadikan sebagai pengobat trauma akibat gempa.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

“Uroenyoe kamoe tagun kuah pliek, nyoe ubat trauma gempa (Hari ini kami masak kuah pliek, ini obat trauma gempa),” ujar Sabitah, salah seorang ibu yang memasak di dapur umum tersebut, Minggu 11 Desember 2016.

Gempa yang terjadi pada 7 Desember 2016 lalu, menurutnya, menimbulkan trauma bagi warga di Pidie Jaya. Terlebih, hingga saat ini, gempa-gempa susulan masih terus tejadi, terkadang dalam skala yang mendekati gempa yang terjadi Rabu lalu.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

“Makanya kami masak kuah pliek, kami makan bersama-sama di bawah tenda ramai-ramai, agar kami bisa sedikit melupakan keresahan kami karena gempa, karena keluarga-keluarga kami yang menjadi korban,” katanya.

Kuah pliek, merupakan salah satu sajian makanan khas Aceh. Kuah yang terdiri dari banyak dedaunan dan rempah-rempah ini, dibuat dengan menggunakan ampas kelapa yang telah mengalami fermentasi, atau pembusukan, yang disebut pliek.

Resep Kue Memek, Makanan Khas Aceh yang Menjadi Warisan Budaya

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang khas. Kuahnya yang gurih dipadukan aneka sayuran segar, membuat makanan satu ini semakin terasa nikmat di lidah. Makanan ini juga dipercaya dapat menyatukan orang-orang Aceh. (asp)

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023