Sofa-sofa Nyaman

VIVAnews - Sofa telah menjadi salah satu benda pelengkap interior yang harus ada di sebuah hunian. Furnitur yang satu ini memang lebih nyaman sebagai tempat duduk dan bersantai berkat bantalan busanya yang empuk.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Tapi memilih sofa jangan hanya melihat tampilannya yang empuk saja. Pikirkan juga kekokohannya, konstruksi rangka yang berkualitas, serta busa dan per yang tahan lama. Semua faktor itu lah yang menentukan kenyamanan sofa Anda.

Sebelum membeli sofa, sebaiknya cermati hal-hal berikut ini.

Kawanan Pembunuh Mirna Bermodus Begal Ditangkap, Polisi Curiga Ada Motif Lain Pelaku

Desain
Tentukan desain sofa yang Anda inginkan. Ada sofa satu dudukan hingga lima dudukan, sofa dengan atau tanpa lengan, ataupun daybed yang hanya memiliki sandaran di satu sisi. Berdasarkan bahannya, ada sofa dengan paduan kayu, besi, rotan, dan sebagainya.

Sesuaikan dengan luasan dan kebutuhan ruang. Jika hunian Anda tergolong mungil, pilih sofa yang dimensinya tidak terlalu besar. Agar ruangan tampak lebih lapang, jangan membeli sofa dengan desain yang berat dan terlalu penuh. Pilih desain berkaki ramping agar terkesan ringan.

Finance Minister Held Meeting to Discuss Impact of Iran-Israel Conflict

Pelapis
Material pelapis sofa bermacam-macam. Ada yang terbuat dari kain, vinil, kulit, bulu sintetis, hingga anyaman bahan alami. Bahan kain sendiri memiliki berbagai pilihan, misalnya katun, tenun, kanvas, beludru, dan sebagainya.

Masing-masing bahan memiliki tekstur dan karakter khas. Sesuaikan pilihan material Anda sesuai dengan model sofa dan gaya interior rumah Anda. Bahan kain yang berkarakter kasual dan hangat bisa masuk untuk gaya interior apapun. Sedangkan anyaman bahan alami seperti rotan atau eceng gondok memunculkan kesan etnik yang kuat.

Penempatan
Sofa biasanya diletakkan di ruang tamu dan ruang keluarga. Untuk ruang tamu, pilih sofa denganĀ  desain yang lebih formal. Tak harus dengan sofa berdesain berat, Anda bisa membuatnya tampak lebih formal dengan penentuan warna dan bahan. Gunakan warna dan bahan yang mudah dibersihkan.

Berdasarkan jumlah kursinya, ada kursi dengan dudukan 3+2+1, 3+1+1, sofa bentuk L atau U, dan banyak lagi. Sesuaikan saja dengan ukuran luas ruang. Anda tak harus membeli satu set. Padukan saja sofa panjang dengan dua kursi satu dudukan yang beda model. Bisa juga dengan paduan kursi biasa.

Bila ingin menempatkan sofa di kamar tidur, Anda bisa memakai sofa satu dudukan yang nyaman dengan tambahan stool untuk menyandarkan kaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya