Kue Lokal yang Jadi Pilihan Saat Natal

Ilustrasi kue putri salju
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Natal akan datang dalam hitungan hari. Biasanya hari besar ini dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga. Namun berkumpul tidak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan kehadiran makanan.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Biasanya makanan yang identik dengan Natal berupa kue jahe, strudle, egg nog, aneka daging, cranberry sauce dan masih banyak lagi. Makanan yang dipilih biasanya yang bisa menghangatkan tubuh.

"Christmas di kita kan bukan musim dingin. Di luar (negeri) itu waktu musim dingin, makanya ada ginger untuk menghangatkan, terus apple strudel disiram saus, pakai wine biar hangat," ujar Chef Rahmat saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Sah-sah saja jika ingin menikmati hidangan tersebut saat merayakan Natal di Indonesia. Namun, jika Anda ingin lebih mengarah pada panganan lokal kue nastar, putri salju dan kue lainnya bisa jadi pilihan. Chef Rahmat Kusnedi, selaku President of Indonesia Pastry Alliance mengatakan kue ini cukup digemari dan tak kalah populer untuk dicicipi saat Natal.

"Kalau (kue) lokal untuk Natal biasanya kue kering kayak kukis, putri salju, terus ada yang sebagian masih kayak nastar yang all season ada di acara keagamaan apapun atau klapertart yang dari Belanda, tapi kental di kita terutama Manado," kata dia.

Status PPKM Dicabut, Wisata Kuliner Tangerang Bangkit Lagi

Chef Rahmat mengaku bahwa masih jarang makanan khas Natal yang dibuat dan dipadukan dengan makanan lokal. Jika tertarik, kata dia, Anda bisa kreasikan sendiri makanan lokal yang ada seperti pisang karamel, tape karamel yang tampilannya bisa disesuaikan dengan perayaan Natal. 
 

Nasi Gudeg

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Kuliner Nusantara adalah cerminan dari kekayaan budaya dan keanekaragaman alam Nusantara. Setiap daerah memiliki karakteristik kuliner yang unik.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023