Peran Ayah bagi Anak untuk Memaknai Hari Ibu

Ilustrasi ayah dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/White77

VIVA.co.id – Peringatan hari ibu, bertujuan agar menjalin momen kedekatan yang semakin intens antara anak dan ibu. Ternyata, tanpa disadari, peran ayah juga sangat dibutuhkan dalam membangun kedekatan tersebut.

Lagu Ibu Pintu Surgaku Pimpin EP Jenaka Mahila di Hari Ibu

Ikatan emosional dan bonding yang telah terbangun dari kualitas bertemu yang baik, membuat anak dan ibu merasakan kedekatan yang semakin meningkat di momen Hari Ibu. Ternyata, untuk membuat sosok ibu semakin merasa spesial, tidak melulu harus diberikan barang atau kado.

"Memaknai hari ibu itu saat sedang bertemu, kualitas interaksi ibu dan anak yang baik, bisa semakin menguatkan ikatan emosionalnya. Apalagi, sosok ibu sebenarnya sangat membutuhkan suatu penghargaan untuk dirinya dari anak dan suami," ujar Psikolog Ajeng Raviando, di acara One Step Ahead Nutrilon Royal, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu 17 Desember 2016.

Peringati Hari Ibu, Pencegahan Stunting dengan Benar Jadi Fokus Utama

Sosok ayah yang menghargai istrinya, kata Ajeng, akan membuat anak menirukan hal tersebut. Sehingga, lambat laun, si kecil akan menghargai sosok sang ibu, yang membuat ibu menjadi lebih spesial meski bukan di momen Hari Ibu.

"Kalau ayah menghargai ibu, si anak bisa ikutan menghargai ibu. Misal hanya ucapkan terima kasih kepada istrinya, anak-anak bisa punya contoh nyata untuk juga menghargai ibunya," ujarnya menambahkan.

Ucapan Haru Lolly untuk Nikita Mirzani di Hari Ibu, Unggah Foto Ini

Contoh nyata dari bentuk menghargai sang ibunda, bisa dengan memberikan satu hari tanpa ibu harus bekerja. Sebab, kata Ajeng, bentuk hadiah seperti itu akan lebih membuat sosok ibu merasa dihargai.

"Alangkah baiknya ada satu hari dalam satu minggu untuk tunjukkan penghargaan anak dan suami ke ibunya, bukan hanya momen Hari Ibu. Misal sabtu minggu anak dan bapaknya yang nyuci, ibu istirahat aja."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya