Tiga Pisau yang Aman untuk Anak Belajar Memasak

Anak Memasak
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Beberapa orangtua merasa takut untuk anak mengajak masuk dapur, atau sekedar belajar masak. Karena biasanya ketika mengajarkan anak-anak masak, orangtua berpikir untuk menyediakan peralatan khusus yang aman bagi anak.

Jangan Sampai Lupakan Orang tuamu jika Telah Sukses Kelak

Sejumlah pisau tajam, bahan-bahan yang mudah terbakar, menjadi ketakutan utama para orangtua ketika mengajak anak ke dapur.

Padahal, sekarang juga telah banyak peralatan dapur yang cukup nyaman digunakan orang dewasa namun aman dipakai si kecil. seperti misalnya tiga pisau ini. Dilansir dari The Kitchn, berikut tiga pisau yang aman untuk anak di dapur.

Begini Menjaga Keamanan saat Anak Bereksplorasi

1 Pisau nilon

Jika ingin mengajak si kecil belajar di dapur, mulailah dengan menggunakan pisau bergerigi atau pisau nilon, yang memiliki berat, bentuk dan juga nuansa pisau yang sama tanpa tepi yang tajam. Tepi bergerigi ini biasanya digunakan untuk memotong roti, keju, buah lunak, dan sayuran, tanpa takut terluka.

Manfaat Mengejutkan Anak Sering Kumpul Bareng Orang Tua

2. Pisau pengaman

Untuk anak yang lebih tua atau berusia tiga sampai lima tahun bisa diperkenalkan pisau dengan pengaman. kebanyakan dari pisau ini memiliki mata pisau asli dari besi dengan ujung tumpul datar.

Pisau ini mudah digunakan untuk buah dan sayuran. tapi baiknyga juga awasi aktivitas anak anda, karena pisau ini masih bisa memotong jari kecilnya. ini adalah pisau yan baik untuk berlatih caa memegang pisau dengan aman.

3. Pisau kecil santoku

sebuah pisau kecil dengan tepi yang tajam ialah pisau yang sempurna untuk anak berusia enam sampai sepuluh tahun. Tangan mereka belum terlalu besar untuk memegang pisau chef dengan ukuran besar, tapi mereka juga membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan yang dibutuhkan untuk menggunakan pisau sungguhan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya