Tips Mudah Menyajikan Teh Dingin

Ilustrasi teh
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Teh Dingin atau es teh manis sudah menjadi pilihan minuman yang cukup populer di berbagai kalangan. Minuman ini dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun. Namun, sudahkah Anda membuat eh teh manis dengan benar? Atau pernahkah Anda mendapati rasa es teh manis yang tawar atau terlalu pahit? 

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

Dilansir laman Bon Appetit, menurut Elena Liao pendiri Te Company, New York dan importir teh oolong Taiwan, teh yang diseduh dingin memiliki kadar astringen dan kafein lebih rendah. 

"Secara harfiah Anda simpan teh itu di dalam kulkas dengan air dingin. Suhu yang lebih dingin tidak membuat kandungan tanin dalam teh keluar," kata Liao.

Jangan Asal Minum Es Teh Manis Saat Cuaca Terik, Ini Imbauan dari BPOM

Cara terbaik untuk membuat teh dingin adalah dengan merendam daun teh dengan air dingin, diamkan 30 menit. Lalu masukkan ke dalam kulkas diamkan semalaman atau delapan jam. 

Setelah itu Anda bisa menyeruput teh dingin yang menyejukkan. Jika Anda menggunakan teh berkualitas tinggi, Anda bisa kembali mendinginkan teh tersebut hingga 16 jam. Rasa teh ini akan cenderung lebih lembut.

Viral Pedagang Es Teh Manis Mirip Thariq Halilintar, Warganet Ngakak: Kayak Pinang Dibelah Dua

Sedangkan untuk membuat es teh manis, Jeff Ruiz, dari restoran Olmsted, New York mengatakan bahwa menyeduh teh dengan es adalah cara a la Jepang untuk mengekstraksi teh. Dengan teknik ini, teh diseduh dengan satu balok es.

"Semakin dingin airnya, semakin lama pula daun teh akan bertahan dan rasanya akan semakin kental," kata Ruiz dikutip dari laman Bon Appetit.

Lebih jelasnya, taruh sebongkah es dalam gelas terlebih dahulu, tambahkan sedikit air agar es meleleh. Masukkan satu hingga dua sendok teh daun teh, diamkan selama 30 menit. Saring, lalu teh siap disajikan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya