Pentingnya Kerjasama Pasangan dalam Membentuk Pola Asuh Anak

Ilustrasi keluarga harmonis
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA.co.id – Siapa sangka peran ayah memiliki pengaruh penting dalam merawat si kecil. Butuh kekompakan dengan pasangan saat memberikan pola asuh pada buah hati.

3 Pola Asuh Orang Tua yang Berbahaya dan Berdampak Buruk pada Anak

Kunci pertama dalam menjaga kekompakan dengan pasangan adalah memperbanyak komunikasi. Pasangan ibu dan ayah sebaiknya tidak memendam amarah dan emosi.

"Hargai juga pasangan Anda dengan memberikan ucapan terima kasih atas usahanya mengasuh bersama. Mama dan papa dapat melakukan pengasuhannya dengan caranya masing-masing," ujar Psikolog anak, Anna Surti Ariani, ditemui di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Soal Pola Asuh Anak, Rinni Wulandari dan Jevin Julian Pakai Cara Teamwork

Menurut Nina, sapaan akrabnya, ibu dan ayah bisa mengatur sendiri cara mengasuh anak tanpa memaksakan kehendak. Dengan demikian, kerja sama antara pasangan bisa dilakukan dengan toleransi.

Kemudian, miliki waktu berdua dengan pasangan. Hal ini bisa digunakan untuk mencurahkan perasaan masing-masing terkait pola asuh anak.

Pola Asuh Orang Tua Penting Untuk Cegah Stunting

Selain itu, ayah dan ibu sebaiknya menetapkan prioritas dalam mengasuh anaknya. Jangan pernah hanya mengkritik tanpa memberikan solusi nyata dalam mengasuh si buah hati.

"Jangan pernah ucapkan keburukan pasangan terhadap si kecil. Fokus dengan mencari solusi dalam memberikan yang terbaik dalam mengasuh anak dengan memberi contoh saling menyayangi antara ibu dan anak," kata Nina.

Natasha Rizky

Parenting Natasha Rizky Jadi Sorotan, Netizen Sindir Desta

Natasha Rizky mengaku tidak berani untuk memberikan tips gaya parentingnya. Sebab, Natasha merasa bahwa hingga saat ini masih banyak belajar menjadi orang tua. 

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024