Uniknya Desain Zebra Cross di Bandung

Zebra Cross di Bandung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman (Bandung)

VIVA.co.id – Zebra cross di kawasan perempatan Braga dan Asia Afrika Kota Bandung Jawa Barat menarik perhatian para pejalan kaki. Dengan jenis warna dan karakter semi komunikatif, terkadang membuat para pejalan kaki di kawasan tersebut menundukan kepala ketika melintas.

Sekda Ema Sumarna Mengundurkan Diri Usai Jadi Tersangka Suap Bandung Smart City

Terdapat zebra cross dengan berbagai karakter, di antaranya zebra cross di perempatan jalan Braga dan Naripan dengan karakter cat putih disertai varian angka hampir mirip dengan ular tangga.

Zebra Cross di Kota Bandung

Anggota Dishub Ditampol Mangkuk Bubur Ayam Usai Negur Parkir Sembarangan

Zebra cross di Kota Bandung. Foto:VIVA.co.id/Suparman (Bandung) 

Sedangkan di perempatan jalan Asia Afrika tepatnya depan apotek Kimia Farma, zebra cross bergambarkan kunci perkakas.

Ketua KPPS di Bandung Meninggal Dunia

Sedangkan zebra cross di perempatan jalan Tamblong, bergambarkan suling bambu yang tak jarang menarik perhatian pejalan kaki yang didominasi para mahasiswa ketika sore hari.

Dari pantauan VIVAco.id, para pejalan kaki sedikit memunculkan ekspresi unik. Salah satunya penyeberang jalan asal Cimahi Indra Fajar usia 18 tahun. Meski dirinya bersama saudara menyeberang di tengah kepadatan kendaraan, dirinya sontak mengangkat satu kaki dan langsung loncat-loncat seolah bermain engklek (permainan traditional).

"Ya melihat gambar kotak angkanya ingin loncat. Jadi ingat masa kecil aja," ujar Indra seusai menyeberang perempatan jalan Braga Kota Bandung Jawa Barat, Selasa 27 Desember 2016.

Sedangkan zebra cross dengan karakter ular tangga yang terletak di perempatan Jalan Merdeka tepatnya kawasan Bandung Istana Plaza (BIP), minim pejalan kaki yang menggunakannya. Hal ini karena pertemuan kendaraan dari arah Jalan Wastu Kencana dan Perintis Kemerdekaan.

Inovasi karakter Zebra Cross tersebut, dinilai positif dan berpengaruh kepada tingkat ketertiban saat menyebrang.

Penyedia jasa angkutan becak yang bertahun-tahun menjalani profesi tersebut di kawasan Braga, Iwan Hidayat menilai, inovasi pemerintah tersebut patut didukung. Dalam kesehariannya yang mencari penumpang di kawasan Braga dan Asia Afrika, zebra cross bermotif unik itu, menarik perhatian pejalan kaki.

"Bagus ya, kalau dilihat semenjak gambarnya seperti itu, pejalan kaki bisa dibilang tertib. Yang melewati zebra cross jadi lebih sering. Kalau ditanya kekinian, ya kekinian. Adalah inovatifnya," ujarnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya