Tips Sederhana agar Ginjal Tetap Sehat

Minum air putih.
Sumber :
  • Pixabay/priyanka98742

VIVA.co.id – Masyarakat sering mengabaikan kesehatan organ ginjal di tubuhnya. Padahal, ginjal berfungsi tidak hanya untuk menjaga peredaran darah tapi juga membantu cegah osteoporosis.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Menurut seorang ahli gizi, Michael Forman, ginjal berfungsi vital untuk meregulasi tekanan dan volume darah, membentuk sel darah merah, membantu tulang tetap kuat dan menyaring racun. Untuk itu, penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Berikut tips mudah membuat ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik, dikutip dari laman Prevention.

1. Tidur 7-8 jam per hari

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Hasil studi baru-baru ini dari Boston's Brigham and Women's Hospital menunjukkan bahwa wanita yang hanya tidur lima jam atau kurang di malam hari, berisiko penurunan fungsi ginjal sebesar 65 persen, dibandingkan wanita yang tidur 7-8 jam per hari. Disarankan untuk memi?iki tidur yang berkualitas dengan jam tidur yang konsisten, menghindari kafein di malam hari, menurunkan paparan cahaya lampu sebelum tidur.

2. Minum air secukupnya

Jangan Asal Makan Minum, Ustaz Hilman Fauzi Ungkap Ada 4 Adab dalam Berbuka Puasa

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk fungsi ginjal. Sebab, itu dibutuhkan oleh kelenjar adrenal yang terletak di masing-masing ginjal, akan memproduksi hormon stres dan tekanan darah.

3. Aktif bergerak

Dengan aktif bergerak dalam berolahraga, mampu membuat peredaran darah berjalan lancar. Sebab, darah dalam jumlah banyak akan melewati ginjal yang artinya butuh penyaringan yang cukup besar. Sehingga, disarankan agar bergerak aktif melalui jalan cepat, jogging atau bersepeda.

4. Makanan baik untuk ginjal

Makanan yang ramah untuk ginjal mencakup anggur, cranberri, blueberri, apel, paprika merah, bayam, bawang putih, dan asparagus. Selain itu, disarankan konsumsi makanan rendah gula untuk cegah inflamasi, yang juga memicu bekerjanya fungsi ginjal dengan baik.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya