Tips Berkemas untuk Berbagai Keperluan Saat Akan Bepergian

Ilustrasi koper.
Sumber :
  • Pixabay/ImageBG

VIVA.co.id – Ada beberapa hal yang menjadi tantangan saat mengemas pakaian ketika bepergian, baik untuk keperluan pekerjaan ataupun berlibur. Mulai dari masalah cuaca yang mungkin berubah, hingga kendaraan yang digunakan.

Destinasi Wisata 'Slow Travel' Ramah Muslim di Tri-Mountain Taiwan

Bagi mereka yang sering bepergian, biasanya akan memilih menghindari menggunakan bagasi, tidak hanya khawatir akan kehilangan barang, tapi juga tentu akan merepotkan saat mencari lokasi. 

Penasaran bagaimana bisa mengemas dalam satu tas, bahkan untuk waktu yang cukup lama. Ada tiga skenario yang bisa diterapkan, seperti dilansir Independent Traveller.

Cara Unik Ini Digunakan Taiwan untuk Tarik Minat Wisatawan Indonesia

Tantangan pertama 

Perjalanan panjang dengan perbedaan musim. Pertama yang harus dilakukan adalah jika tidak pergi lebih dari satu minggu, berhentilah mencuci, manfaatkan fasilitas dari hotel, atau cuci di wastafel kamar mandi. 

Tips Berwisata yang Aman dan Nyaman di Masa Sepi

Kedua, jadilah sekreatif mungkin. Pilih pakaian yang bisa digunakan untuk berbagai situasi, seperti celana yang bisa dipendekkan, dengan menggunakan ritsleting. Untuk mengatasi perbedaan cuaca adalah dengan pakaian berlapis. Misalnya kaus bisa digunakan sebagai lapisan dasar ketika berada di tempat bersuhu rendah.

Jika bepergian dalam waktu lebih dari dua minggu, Jika seperti ini, pastikan mengirim pakaian untuk musim dingin dikirim ke rumah terlebih dahulu, sehingga tidak perlu membawa barang berat saat pindah ke wilayah dengan musim panas. Akan sedikit lebih mahal memang, tapi jika waktu bepergian lama, tentu hal ini akan sangat membantu bukan.

Tantangan kedua 

Seminggu di kapal pesiar terdengar menyenangkan, tapi ada satu yang perlu diketahui, selalu diperlukan pakaian formal jika memang berniat menghabiskan waktu di kapal pesiar. 

Tapi untungnya, sekarang banyak kapal pesiar melewatkan acara formal seperti itu. Tapi jika memang harus, bisa sewa saja pakaian. Sedangkan bagi wanita, siapkan little black dress, namun siapkan juga sedikit ruang untuk membawa beberapa syal, perhiasan atau aksesoris lain, juga sepatu yang bisa digunakan untuk berbagai kesempatan. 

Tantangan ketiga

Ketika melakukan perjalanan bisnis, harus membawa gadget, pakaian formal, dan juga pakaian kasual. Coba memilih warna netral yang bisa di padu padan dengan berbagai atasan, dasi atau aksesoris. Misalnya, bagi wanita, bisa menggunakan celana hitam panjang untuk siang, ataupun malam, tapi padupadankan dengan atasan atau jaket yang berbeda. 

Dan untuk gadget, dibanding harus membawa laptop yang berat, pertimbangkan untuk membawa tablet, atau bahkan cukup ponsel. Karena beberapa hotel terkadang menyediakan komputer untuk umum. 

Jangan lupakan tips penting saat mengemas pakaian dan keperluan lainnya saat bepergian

1. Batasi jumlah sepatu, celana dan barang yang lebih berat sebaiknya digunakan saat berangkat. 

2. Jangan membawa pakaian untuk lebih dari satu minggu. Untuk bepergian dalam waktu lama manfaatkan laundry.

3. Hanya bawa barang yang bisa mudah dicocokkan warnanya dengan barang lainnya yang akan dibawa. 

4. Setiap tempat akan sangat berharga, bersihkan berbagai nota di dalam dompet, tas kertas, dan lupakan barang 'misalnya' yang bisa dibeli di tempat tujuan. 

5. Banyak orang percaya dengan menggunakan kantong kompres bisa membuat ruang di tas lebih banyak. Percayalah hal ini tidak akan membantu dalam mengantisipasi batas berat yang bisa dibawa

6. Maksimalkan barang pribadi. Seperti tas laptop. Atau bahkan tas punggung, yang bisa memuat barang lebih banyak. 

7. Gulung pakaian, dan jangan melipatnya. hal ini akan meminimalkan kerutan dan memaksimalkan ruang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya