TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Cara Mudah Jauhkan Diri dari Ketergantungan Smartphone

Banyak orang saat ini sulit lepas dari ponsel pintarnya.
Cara Mudah Jauhkan Diri dari Ketergantungan Smartphone
Ilustrasi smartphone. (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Dari hari ke hari, semakin banyak orang yang menggunakan smartphone, tanpa ingat waktu. Bahkan, banyak yang ketergantungan untuk memakai smartphone sehingga sulit menikmati waktu luangnya.

Secara umum, ketergantungan pada teknologi ini sendiri tidak jauh berbeda dengan ketergantungan pada benda lain. Menerima sebuah pesan atau pemberitahuan baru dari media sosial dapat mengaktifkan saraf pusat di otak.

Saat seseorang menyukai unggahan postingan di akun Anda, akan terasa sangat menyenangkan. Itu wajar. Sebab, teori determinasi diri untuk saling berhubungan merupakan kebutuhan dasar manusia dan penting untuk kesejahteraannya.

Namun, memiliki waktu bebas tanpa smartphone sangat penting agar tidak mengganggu kualitas waktu luang Anda. Strategi ini mungkin patut Anda coba untuk melepas ketergantungan dari smartphone.

Pertama, pilih "Airplane Mode" di smartphone dalam waktu satu jam per hari. Kedua, cukup gunakan media sosial saat di meja Anda, sehingga akan memiliki batasan sendiri dalam penggunaannya.

Ketiga, gunakan batasan waktu untuk menggunakan situs web agar mengingatkan Anda seberapa lama pemakaiannya. Keempat, cukup gunakan satu smartphone dalam satu waktu.

Kelima, hindari layar smartphone sebelum tidur. Sebaiknya, gunakan jam weker asli dan jauhkan smartphone dari samping Anda selama tidur. Hal ini mampu membuat waktu luang dan jam tidur Anda semakin berkualitas.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP