Cara Mudah Jauhkan Diri dari Ketergantungan Smartphone

Ilustrasi smartphone.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Dari hari ke hari, semakin banyak orang yang menggunakan smartphone, tanpa ingat waktu. Bahkan, banyak yang ketergantungan untuk memakai smartphone sehingga sulit menikmati waktu luangnya.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Secara umum, ketergantungan pada teknologi ini sendiri tidak jauh berbeda dengan ketergantungan pada benda lain. Menerima sebuah pesan atau pemberitahuan baru dari media sosial dapat mengaktifkan saraf pusat di otak.

Saat seseorang menyukai unggahan postingan di akun Anda, akan terasa sangat menyenangkan. Itu wajar. Sebab, teori determinasi diri untuk saling berhubungan merupakan kebutuhan dasar manusia dan penting untuk kesejahteraannya.

Daftar Harga HP Oppo per 12 April 2024

Namun, memiliki waktu bebas tanpa smartphone sangat penting agar tidak mengganggu kualitas waktu luang Anda. Strategi ini mungkin patut Anda coba untuk melepas ketergantungan dari smartphone.

Pertama, pilih "Airplane Mode" di smartphone dalam waktu satu jam per hari. Kedua, cukup gunakan media sosial saat di meja Anda, sehingga akan memiliki batasan sendiri dalam penggunaannya.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Ketiga, gunakan batasan waktu untuk menggunakan situs web agar mengingatkan Anda seberapa lama pemakaiannya. Keempat, cukup gunakan satu smartphone dalam satu waktu.

Kelima, hindari layar smartphone sebelum tidur. Sebaiknya, gunakan jam weker asli dan jauhkan smartphone dari samping Anda selama tidur. Hal ini mampu membuat waktu luang dan jam tidur Anda semakin berkualitas.

Menkominfo, Budi Arie Setiadi usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu CEO Apple

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Setelah CEO Apple Tim Cook, Menkominfo Budi Arie Setiadi berjanji membawa petinggi perusahaan teknologi lainnya untuk berkunjung ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024