Ketahui Cara Menyeduh Teh yang Tepat

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Teh ialah salah satu minuman yang pas diminum saat santai, atau bahkan di saat-saat sibuk. Harumnya aroma daun teh yang diseduh dengan air panas, seolah memiliki efek relaksasi yang bisa membuat pikiran tenang dan perasaan nyaman.

SKENA Jadi Ajang Berbagi Wawasan Bagi UMKM

Namun, ternyata untuk meramu sebuah teh juga dibutuhkan rasio yang pas antara jumlah daun teh, air dan juga tingkat kematangan air yang dipakai untuk menyeduhnya. Teh memang paling pas diteguk saat hangat.

Saat mengunjungi Pantjoran Tea House yang berada di Kawasan Taman Sari, Jakarta Barat, VIVA.co.id berbincang dengan salah seorang pramusaji dan juga peracik teh di sana, Septian. Menurutnya, untuk takaran satu orang cukup menggunakan 3 gram daun teh.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

"Teh untuk ini cukup 3 gram. 1 gram itu kira-kira satu sendok ini (sendok teh)," kata Septian Selasa, 3 Januari 2017.

Sedangkan kadang air untuk 3 gram teh yakni 250 mililiter air panas. Jika ingin membuat lebih banyak, rasio perbandingan ini bisa menjadi acuan. Sementara suhu air yang dibuat untuk menyeduh juga kurang lebih menentukan kualitas teh yang disajikan.

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

"Suhu itu panasnya kurang lebih 80 sampai 90 derajat (celsius). Berarti itu panas baru diangkat dari mendidih," ujar dia.

Menurutnya, jika tidak menggunakan air dengan suhu panas, maka daun teh tidak akan mengembang dan aromanya tidak akan keluar. "Makanya setiap penyajian itu pengunjung menunggu sekitar tiga menit," kata dia.

Dia melanjutkan, teh yang telah diseduh juga bisa digunakan atau diseduh ulang. Hanya saja, batas penggunaannya hanya satu kali setelah penggunaan pertama.

Septian juga menyarankan agar sebaiknya tidak menggunakan gula. Selain akan memengaruhi rasa, gula juga bisa jadi menghilangkan khasiat teh.

"Kalau memang tetap mau pakai (gula), paling tidak satu sendok teh tiap satu teapot,” ujarnya menambahkan.

Ilustrasi teh putih

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya