Cerita Whulandary Herman dapat Peringatan Waspada Tsunami

Whulandary Herman
Sumber :
  • Instagram@Whulandaryherman

VIVA.co.id – Aktris dan Putri Indonesia 2013, Whulandary Herman mengalami langsung bagaimana rasanya mendapat peringatan tsunami saat berada di Suva, Republik Fiji, Rabu 4 Januari 2017. Whulan yang tengah berlibur kaget, saat melihat orang berlalu lalang dan meneriakkan tsunami warning.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

"Jadi, pagi tadi saya keluar dari wisma sekitar jam 11 menuju ke museum, letaknya di pinggir pantai dekat dengan Istana Kepresidenan dan pas saya jalan, ternyata orang di jalanan sudah berhamburan keluar dan teriak tsunami warning, tsunami warning?," kata Whulan, saat diwawancara melalui WhatsApp Messenger hari ini.

Beruntung pusat gempa tidak berada di Suva, tempatnya berada saat ini. Hanya saja, bintang film Bidadari Terakhir itu mengaku memang sempat melihat air laut yang surut.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

"Karena, saya sudah terlanjur dekat dengan museum, ya saya langsung mampir di iItana Kepresidenan dan museum. Dan, itu persis di pantai. Memang, airnya sangat surut banget," ujarnya lagi.

Wanita berusia 27 tahun itu sempat mendengar dari penduduk lokal bahwa peringatan tsunami bukan hal yang baru lagi. Meski begitu, hal ini cukup mengejutkan baginya. Beberapa orang juga menghubungi Whulan untuk memastikan keadaan.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

"Saya balik ke wisma, karena wisma Indonesia daratannya lebih tinggi. Saya di sini sampai tanggal 7," ujarnya. (asp)

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024