Pilih Sikat Gigi Tak Cukup Hanya Bulu Sikat yang Lembut

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kesehatan gigi mulai menjadi perhatian banyak orang. Sayangnya, menjaga kesehatan gigi tersebut, masih sangat jarang dipahami oleh hampir sebagian besar masyarakat.

Jangan Abai, Kebiasaan Ngopi Picu Gigi Kusam

FDI World Dental Federation menunjukkan bahwa penyakit mulut menyerang sekitar 3,9 miliar orang di dunia. Hampir separuh dari populasi penduduk dunia atau sekitar 44 persen menderita gigi berlubang yang tidak dirawat atau diobati.

“Di seluruh dunia termasuk Indonesia, setiap orang ingin selalu menjaga dan meningkatkan kesehatan mulutnya agar dapat tampil dan merasa lebih baik,” demikian disampaikan oleh Ratna Kurniawati, Marketing Manager Health & Wellness,Philips Personal Health Indonesia, dikutip dari rilis Sikat Gigi Elektrik Sonicare, yang diterima VIVA.co.id pada Kamis 12 Januari 2017.

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut, pasti berdampak pada seluruh aspek kehidupan seseorang mulai dari rasa percaya diri hingga kemampuan berinteraksi. Ternyata, kesehatan gigi dan mulut dimulai dari pemilihan sikat gigi tepat.

Memilih sikat gigi yang tepat, tidak hanya soal bulu sikat halus, atau gagang sikat yang nyaman. Ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih sikat gigi.

Haruskah Gigi Gingsul Dihilangkan? Ini Kata Ahli

Pertama, dibutuhkan cara dan alat yang optimal untuk membersihkan gigi setiap hari. Kemudian, sebaiknya pilih sikat gigi yang berfungsi menjaga gusi, dengan pemijatan atau menyikat gusi dengan lembut. Ketiga, usahakan agar sikat gigi mampu menjaga kecerahan dari warna gigi Anda.

Selanjutnya, pemilihan sikat gigi untuk gigi sensitif, direkomendasikan agar gigi tidak semakin sensitif dengan pemijatan yang pas. Terakhir, dibutuhkan bulu sikat gigi yang mampu memutihkan gigi dari noda yang berasal dari teh, kopi dan rokok di permukaan gigi.

"Para ahli menyarankan menyikat gigi dilakukan dalam waktu dua menit. Pemilihan sikat gigi yang mampu membersihkan secara optimal, menghilangkan plak dengan sempurna, serta lembut di gusi, digunakan untuk menghindari penyakit di gigi," ujar Ratna.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya