Langkah Alami Tingkatkan Kualitas Sperma

Ilustrasi pembuahan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menurut sebuah survei, sekitar 15 persen pasangan suami istri sulit hamil di satu tahun pernikahannya. Salah satu faktor yang memengaruhi yaitu kualitas sperma pada suami.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Beberapa faktor pada sperma pria yang memengaruhi kehamilan, yakni sedikitnya produksi sperma, sperma yang mudah mati, dan proses perjalanan dari sperma tersebut.

Selain itu, kondisi yang menurun pada pria juga memengaruhi kualitas sperma seperti stres, pola makan, dan zat tertentu yang dikonsumsi tubuh. Untuk itu, pahami empat cara tepat untuk meningkatkan kesuburan pada pria, dikutip dari laman bodyecology.

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

1. Lemak baik

Pilihan lemak polyunsaturated (lemak jenuh) dapat menyokong bentuk dan pergerakan sperma, yang berarti baik untuk kesuburan pria. Makanan yang dianjurkan yaitu ikan salmon karena mengandung lemak baik. Hindari juga konsumsi pola hidup kurang baik seperti rokok, minum alkohol dan makanan olahan.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

2. Oister

Oister atau tiram, memiliki kandungan mineral yang kaya yaitu zink. Nyatanya, ketidaksuburan pada pria berkaitan dengan rendahnya kadar zink di tubuh. Zink dibutuhkan tubuh untuk melepas radikal bebas, sehingga secara tidak langsung mencegah stress terjadi.

3. Vitamin C

Vitamin C sangat penting sebagai antioksodan yang melindungi sperma dari radikal bebas dan stres. Faktanya, pria yang tidak subur memiliki kadar vitamin C yang rendah. Makanan yang kaya akan vitamin C mencakup buah beri, lemon, jeruk nipis, dan ceri.

4. Folat dan Vitamin B12

Sebuah penelitian menemukan folat dan vitamin B13 mampu berperan penting pada reproduksi pria. Kandungan B12 ternyata berpengaruh kuat terkait konsentrasi sperma. Sedangkan kadar folat yang rendah dapat membuat kualitas DNA sperma buruk. Rekomendasi makanan mengandung folat dan B12 yaitu hati dan kuning telur.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya