11 Makanan Ini Bantu Cegah Penyakit Diabetes

Ilustrasi kayu manis.
Sumber :
  • pixabay/gokalpicsan

VIVA.co.id – Diabetes sering dijuluki sebagai ‘pembunuh diam-diam’. Itu bukan tanpa alasan. Setiap tahun, semakin banyak orang yang menderita penyakit metabolik yang satu ini.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik, gaya hidup yang buruk dan asupan makanan tinggi kalori, gula serta lemak adalah penyebab semakin meningkatnya angka penderita diabetes di seluruh dunia dewasa ini.

Selain mengubah gaya hidup dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk Anda, ada sejumlah makanan yang mampu membantu mencegah penyakit diabetes. Berikut ini di antaranya, seperti dilansir dari laman Times of India.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Buah-buahan

Salah satu menu yang wajib dimasukkan ke dalam menu harian Anda adalah buah-buahan. Para penderita diabetes bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat, seperti apel, pir, beri, pepaya dan persik.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Sayuran

Perbanyak pula makan sayuran. Usahakan setiap makan, Anda selalu menyertakan sayuran di piring makanan Anda. Disarankan untuk memilih sayuran jenis kacang-kacangan karena rendah lemak, namun sangat tinggi serat.

Roti gandum

Khusus buat Anda yang menderita diabetes, harus menjauh dari roti tawar yang biasa dijual di toko. Sebagai penggantinya, pilihlah roti gandum yang justru kandungannya lebih sehat dan kaya serat.

Kacang-kacangan

Ada beberapa jenis kacang yang bagus dan sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes, seperti kenari dan almond. Konsumsi kacang-kacangan tersebut secara rutin agar hidup menjadi jauh lebih sehat.

Stroberi

Tak ada alasan untuk tidak mengonsumsi stroberi secara rutin. Para peneliti juga mengatakan bahwa mengonsumsi stroberi membantu mengaktifkan protein dalam tubuh yang bermanfaat mengurangi kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Sebagai informasi, keduanya memainkan peran yang penting dalam perkembangan penyakit diabetes.

Sebuah studi yang pernah dilakukan pada tikus juga menemukan bahwa mengonsumsi stroberi bermanfaat dalam menurunkan kadar glukosa darah.

Apel

Antosianin, senyawa yang banyak ditemukan di dalam apel ampuh membantu mengatur kadar gula darah.

Bayam

Bayam kaya akan banyak nutrisi yang membuatnya menjadi sayuran yang sangat menyehatkan. Sebuah studi di Inggris menunjukkan bahwa mengonsumsi bayam setiap hari mengurangi risiko diabetes sebesar 14 persen.

Keju dan yoghurt

Keju dan yoghurt rendah lemak juga akan membantu menjauhkan Anda dari diabetes. Para ahli percaya bahwa bakteri sehat yang ditemukan di dalam produk olahan susu fermentasi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan mencegah diabetes.

Red wine

Resveratrol, senyawa dalam red wine ternyata mampu membantu meningkatkan fungsi gula darah dengan mengatur hormon insulin. Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dengan bebas. Asupan moderat adalah kuncinya.

Kayu manis

Kayu manis memiliki begitu banyak manfaat kesehatan. Rempah satu ini membantu menurunkan glukosa darah puasa, menurunkan kadar trigliserida, kolesterol jahat dan mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

Kunyit

Sejumlah studi mengklaim bahwa kurkumin, senyawa yang ditemukan di dalam kunyit mampu mencegah atau menunda diabetes. Hingga kini masih terus dilakukan studi lebih lanjut mengenai manfaat jangka panjang kunyit dalam upaya pencegahan diabetes.

Ilustrasi kunyit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya