Cara Menyantap Xiao Long Bao, Dim Sum Isi Kuah Kaldu

Xiao Long Bao.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA.co.id – Negeri Tirai Bambu, China, terkenal dengan ragam kulinernya yang mendunia. Salah satu yang paling populer ialah dim sum. Bicara dim sum, orang mungkin hanya akrab mendengar hakau, atau shiu mai. Padahal, ada varian dim sum yang unik dan tak kalah lezat, yakni yang dinamakan xiao long bao.

Nuansa Outdoor Teratai Chinese Resto, Rekomendasi Baru Pencinta Kuliner

Pada dasarnya, xiao long bao merupakan salah satu jenis roti kukus (baozi) yang berasal dari Jiangnan. Keunikannya terletak di isiannya, yakni sup rempah khas China, yang gurih nan lezat. Namun, ternyata dibutuhkan teknik khusus untuk menyantapnya.

Beberapa waktu lalu, VIVA.co.id berkesempatan menilik tata cara konsumsi xiao long bao, agar terasa lebih nikmat di Restoran Din Tai Fung, Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Sebagai informasi, hidangan ini merupakan menu andalan di restoran tersebut.

Menikmati Dim Sum dengan Rasa Otentik, Ternyata Asalnya dari Hong Kong

Xiao long bao berbentuk seperti pangsit rebus, namun detail seperti berat dan jumlah lipatan penutup tiap buahnya benar-benar diperhatikan.

Sebelum dikukus, adonan xiao long bao akan ditimbang, agar memiliki berat yang sama. Kemudian, diisi dengan daging cincang ayam, atau kepiting. Tak lupa ditambahkan kaldu ayam, lalu ditutup dengan membentuk 18 lipatan pada kuncup adonannya.

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Xiao long bao harus segera disantap selagi panas, agar kulit tepungnya tidak lengket. Angkat satu buah xiao long bou dengan sumpit, lalu letakkan di atas sendok sup.

Setelah itu, gunakan sumpit untuk membolongi lapisan tepung penutup xiao long bao, agar kuah kaldunya keluar, kemudian Anda bisa menyeruputnya hingga habis, menyisakan isian daging di dalamnya yang belum dimakan.

Nah, agar terasa lebih nikmat, disarankan mengonsumsi kulit dan isiannya menggunakan irisan jahe mentah yang telah dicampur dengan cuka dan kecap asin.

Dari segi rasa, kuah kaldunya terasa begitu sedap dan segar. Bagian kulit xiao long baonya juga terasa lembut di lidah. Isian dagingnya yang asin gurih berpadu lezat dengan kesegaran jahe.

Nah, jika Anda ingin menikmati santapan ini di momen Tahun Baru Imlek, Anda bisa datang ke Din Tai Fung. Harga xiao long bao dibanderol mulai dari Rp42 ribu hingga Rp110 ribu.

Ilustrasi dim sum/xiao long bao

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya