Tips Mudah Membersihkan Alat French Press

Ilustrasi alat French press.
Sumber :
  • Pixabay/allokay

VIVA.co.id – French Press dikenal sebagai salah satu teknik penyajian kopi yang menjadi favorit banyak orang. Teknik ini disukai karena bisa menyeduh kopi dengan mudah dan kopi yang dihasilkan pun lebih kental juga kaya rasa. Tapi satu hal yang sering menjadi masalah, seringkali alat French Press sulit untuk dibersihkan.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Mencongkel ampas kopi yang berada di bagian bawah alat ini merupakan cara yang sulit. Hal tersebut menyebabkan serbuk ampas sisa kopi masuk ke dalam kuku Anda. Belum lagi bagian plunger-nya harus dibilas dengan benar agar tahan lama dan tidak cepat rusak.

Maka tak heran mencuci Fench Press akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untungnya, Cook Illustrated telah memecahkan masalah ini dengan cara mudah.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Dilansir dari laman Huffington Post, yang perlu Anda lakukan pertama-tama adalah dengan mengisi French Press dengan air untuk membuat semua sisa ampas terlepas dari dasar teko. Kemudian, tuangkan isinya ke dalam saringan  halus.

Hanya dengan cara itu ampas yang tersisa dalam French Press bisa keluar. Kemudian aduk saringan dan bilas sambil mengeluarkan airnya. Lalu isi teko dengan sabun dan air hangat.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Untuk plunger, Anda bisa menekan bagian atasnya di dalam teko yang telah diisi air sabun dan dorong dari atas ke bawah beberapa kali. Hal ini tidak hanya akan mengusir semua ampas yang tersisa dalam plunger, tetapi juga membantu menggosok sisi teko.

Selamat mencoba!

Ilustrasi kopi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya