Jemput Wisatawan, Pelni Operasikan Kapal di Pulau Seribu

Menteri Pariwisata Arief Yahya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Menteri Pariwisata Arief Yahya, lagi-lagi memuji PT Pelni yang makin agresif mengoperasikan kapal-kapalnya untuk mengeksplorasi destinasi wisata di Tanah Air. Salah satunya di Kepulauan Seribu, Jakarta. Satu dari 10 Top Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata yang lokasinya paling dekat dengan ibu kota. 

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Untuk berwisata ke ke Pulau Seribu, nampaknya tak perlu repot-repot lagi, saat ini PT Pelni mulai mengoperasikan kapal-kapal untuk memaksimalkan wisata Kepulauan Seribu.

“Sudah betul, Pelni memperkuat akses ke pulau-pulau destinasi wisata,” kata Arief dalam siaran pers yang di terima VIVA.co.id, Jumat 13 Januari 2017.

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Mantan Dirut PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, ini sudah menghitung secara bisnis mengembangkan akses menuju pulau-pulau yang menjadi tujuan wisatawan itu pasti akan lebih menarik. Makin mudah dan aman, sarana transportasi laut menuju ke pulau-pulau itu, makin antusias publik ke sana.

“Sekarang, berwisata itu sudah menjadi basic need, atau kebutuhan dasar orang Indonesia,” kata Arief.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Menpar Arief juga mengungkapkan bahwa semakin ke depan akan semakin kuat. Karena, pariwisata itu efek domino ekonominya sangat kuat, World Bank menyebut angka 170 persen lebih besar dari investasi yang dikeluarkan. Dan, itu hanya terjadi di sektor Pariwisata saat ini.

“Indonesia adalah kepulauan, itu adalah opportunity Pelni. Diawali dari Kepulauan Seribu,” katanya.

PT Pelni sudah mempersiapkan sarana terbarunya. Sebagai perusahaan jasa transportasi angkutan laut terbesar di Indonesia, mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk mengoperasikan KM Express Bahari 3B.

Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio menjelaskan, pihaknya menyambut baik kepercayaan Pemerintah untuk mengoperasikan KM Express Bahari 3B itu di Kepulauan Seribu.

”Sekarang tugas kami adalah menyediakan angkutan laut yang aman, nyaman, dengan pelayanan yang prima, khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kepulauan Seribu," ujar Didik.

KM Express Bahari 3B merupakan kapal cepat buatan tahun 2005 dengan panjang 30 meter dan terbuat dari fiberglass, dengan kapasitas angkut 208 orang ditambah enam orang kru kapal. Selain KM Express Bahari 3B, kapal PT Pelni lainnya yang melayani Kepulauan Seribu adalah KM Sabuk Nusantara 46 yang telah dioperasikan sejak akhir 2015.

"Dengan mengoperasikan dua kapal PT Pelni memegang peranan penting untuk Pariwisata Indonesia dan perekonomian masyarakat Kepulauan Seribu. Tentu, menjadi pekerjaan rumah bagi kami untuk menjadi angkutan transportasi laut yang andal dan dapat dibanggakan masyarakat Kepulauan Seribu," kata Didik.

PT Pelni saat ini, mengoperasikan 26 kapal penumpang yang melayari 90 lebih pelabuhan di Indonesia. PT Pelni juga mengoperasikan ena, kapal Tol Laut dan 46 kapal perintis yang keduanya merupakan penugasan resmi dari Pemerintah. Pada tahun ini, PT Pelni berhasil menghubungkan jadwal pelayaran kapal penumpangnya dengan kapal perintis.

Seperti diketahui, Kepulauan Seribu merupakan salah satu destinasi prioritas yang ditetapkan Presiden RI dan Kementerian Pariwisata di bawah komando Arief Yahya. Kementerian Pariwisata berusaha terus mengembangkan destinasi prioritas yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo. Salah satunya yang dilakukan di Kepulauan Seribu, Jakarta, yang menjadi salah satu destinasi unggulan Tanah Air. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya