Jangan Bekukan Kembali Daging yang Sudah Dicairkan

Ilustrasi daging merah.
Sumber :
  • Pixabay/joon2079

VIVA.co.id – Meletakkan daging segar di dalam lemari es memang bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk membuat daging tersebut tahan lama. Meski demikian, jangan pernah mendinginkan kembali, daging beku yang telah mencair.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Tentu saja Anda masih bisa memasak daging yang dua kali dicairkan dan mengonsumsinya dengan aman  Menurut Departemen Pertanian Amerika seperti dilansir dari laman Huffiington Post, membekukan daging yang sebelumnya sudah dicairkan aman untuk dilakukan, asalkan daging dicairkan di lemari es dan tidak dikeluarkan di meja pada suhu ruangan, atau lebih buruk lagi di dalam microwave.

Anda bahkan dapat mengolah daging tersebut sebagai menu makan malam Anda. Tapi Anda mungkin tidak akan menikmati hasilnya, karena tekstur daging hampir dipastikan akan menjadi kering dan keras.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Cook Illustrated melakukan enam kali tes membandingkan daging yang dimasak dalam kondisi segar, daging yang sempat dibekukan dan dicairkan satu kali, dan daging beku yang sebelumnya pernah dicairkan dua kali.

Setelah dicoba, daging yang dimasak dalam kondisi segar lebih disukai, dan mereka menemukan bahwa ada perbedaan yang sangat besar dalam hal tekstur dan kelembapan antara daging yang dicairkan satu kali dibandingkan dua kali.

Harga Daging Sapi di Pringsewu Lampung Naik Rp10.000 Jadi Rp150.000 per Kg

Alasan daging yang dibekukan dua kali menjadi kurang baik karena suhu dingin air di dalam sel protein daging secara fisik mengubah bentuknya. Jadi semakin Anda bolak-balik membekukan dan mencairkan daging semakin terlihat perubahan fisik pada bentuknya. Tak hanya itu, kualitas dan cita rasanya juga akan berkurang.

Ilustrasi daging

Ilustrasi daging sapi

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Harga komoditas pangan masih terpantau mengalami kenaikan. Beberapa di antaranya seperti bawang merah, cabai, daging sapi, hingga gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024