Mengapa Orang Cenderung Gendong Bayi dengan Tangan Kiri?

Ilustrasi ibu dan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/sheldoni

VIVA.co.id – Anda mungkin sudah tahu aturan dasar saat menggendong bayi, seperti pegang bagian kepala dan punggung mereka. Namun, apakah Anda tahu bahwa orang cenderung menggendong bayi di sisi tangan kiri dan menyenderkan bayi di pundak sebelah kiri?

Viral Ibu dan Bayi Meninggal Usai Persalinan, Keluarga Duga Ada Malpraktik di RSUD Indramayu

Ternyata ada alasan di balik kecenderungan tersebut. Sebuah studi yang telah dipublikasikan di jurnal Nature Ecology and Evolution mengungkapkan, menggendong bayi menggunakan tangan kiri adalah ciri khas perilaku ibu pada manusia dan spesies kera besar.

Menurut studi itu, studi sebelumnya menunjukkan bahwa 70 hingga 85 persen wanita dan anak perempuan secara naluriah menggendong bayi di sisi tangan kiri mereka. Rupanya itu karena menggendong bayi di sebelah kiri memungkinkan otak kanan mereka melakukan hal tersebut.

Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir di Indonesia Tinggi, Anemia Salah Satu Penyebab Terbesar

Itu disebabkan oleh sisi kiri tubuh dikontrol oleh otak kanan, dan begitu pun sebaliknya. Demikian dilansir dari metro.co.uk.

Otak bagian kanan membantu Anda memproses dan menanggapi emosi, seperti menangis. Begitu juga dengan pengenalan wajah. Itulah mengapa menggendong bayi di sisi kiri tangan Anda memfasilitasi ikatan antara Anda dan sang buah hati.

5 Cara Mengenalkan Siang dan Malam kepada Bayi, Orang Tua Gak Harus Begadang

Studi juga menunjukkan bahwa lateralisasi sensorik menfasilitasi ikatan antara ibu dan bayi.

Ilustrasi ibu dan bayi

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ruteng Manggarai Nusa Tenggara Timur

Miris, Dioperasi Caesar saat Sekarat, Ibu-Bayi Meninggal di RSUD Ruteng

Pihak keluarga menganggap kematian ibu dan anak itu akibat kelalaian rumah sakit yang tak segera melakukan penindakan saat akan melahirk

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024