Makanan Tertentu Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi, Benarkah?

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Memasuki masa kehamilan, banyak orang menyarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk tentukan jenis kelamin janin yang dikandung.

Stretch Marks Bikin Bumil Tak Pede, Dokter Ungkap Pencegahannya

Misalnya, konsumsi banyak sayuran untuk mendapatkan anak perempuan atau konsumsi banyak protein hewan untuk dapatkan anak laki-laki. Banyak yang mengakui cara tersebut berhasil, ada juga yang tidak. Namun, efektifkah cara tersebut?

Ternyata, belum ada cara alami yang digunakan untuk menentukan jenis kelamin calon bayi.

Sewa Burj Khalifa Rp1,4 Miliar Cuma untuk Umumkan Jenis Kelamin Bayi

Penentuan jenis kelamin bayi, dipengaruhi oleh peran sperma. Di mana, sperma mengandung kromosom X dan Y. Kromosom X membentuk jenis kelamin perempuan dan kromosom Y membentuk jenis kelamin laki-laki.

"Untuk menentukan jenis kelamin itu, adalah peran sperma. Sperma mengandung kromosom X dan Y yang memengaruhi jenis kelamin calon bayi," ujar spesialis ObGyn, dr. Ridwan Mahmuddin SpOG, kepada VIVA.co.id di RS Evasari, Jakarta, Senin 16 Januari 2017.

Kulit Kering saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

Dilanjutkannya, belum ada makanan apapun yang akhirnya memengaruhi pembentukan sperma X dan Y tersebut. Terlebih, memang belum ada cara alami dan alami untuk menentukan jenis kelamin pada calon bayi kelak.

"Itu mitos saja. Karena hingga kini belum ada penelitian ilmiah terhadap makanan atau posisi hubungan seks yang berpengaruh pada sperma x dan y," lanjutnya.

Jika pasangan suami istri menginginkan hal tersebut, bisa dilakukan dengan cara medis. Sehingga, dapat menentukan sendiri jenis kelamin calon bayi yang diinginkan.

"Cara buatan ada yaitu inseminasi buatan atau bayi tabung yaitu dengan memilih sperma x atau y yang ingin dimasukkan ke dalam sel telur. Tapi, sekali lagi, cara alami memang belum ada," kata Ridwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya