Tips Sebelum Liburan ke China

Tembok Besar China.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – China tampaknya bersungguh-sungguh mengembangkan industri pariwisatanya. Menyadari bahwa industri pariwisata memiliki kontribusi pada pertumbuhan ekonominya, Negara Tirai Bambu ini pun mulai meningkatkan investasi di bidang tersebut.

5 Hal Wajib Dipersiapkan Saat Wisata di Kawasan Rawan Bencana

Seperti dilansir kantor berita Reuters, China berencana menggelontorkan investasi cukup besar, yakni US$290 triliun untuk industri pariwisata sepanjang 2016 hingga 2020. Investasi itu salah satunya akan digunakan untuk membiayai ‘toilet revolution’, yakni sebuah proyek membangun atau merenovasi kurang lebih 100.000 toilet umum selama kurun waktu tersebut.

Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi para wisatawan asing, termasuk Indonesia. Seperti diketahui, China banyak disambangi banyak wisatawan dari kawasan Asia, termasuk Indonesia.

Trik Agar Koper Muncul Pertama di Pengambilan Bagasi Bandara

Nah, sebelum berlibur ke China dan menjajal toilet baru, ada baiknya Anda mempelajari beberapa hal terlebih dahulu sebelum berkunjung ke sana. Berikut di antaranya seperti dilansir laman Travelerstoday.

Akses internet

Pertama Kali Wisata ke Hong Kong? Ini 4 Hal yang Wajib Anda Tahu

Beberapa situs sulit diakses di China, termasuk e-mail Google, Twitter, dan Facebook. Pastikan Anda memberi tahu kepada keluarga bahwa Anda tidak bisa mem-posting kabar terkini di media sosial. 

Meski demikian, Anda bisa mencoba aplikasi sementara di China, seperti WeChat,  yang memiliki fungsi sama seperti WhatsApp.

Kereta di China

Kereta China paling efisien untuk perjalanan jauh. Namun pesanlah tiket jauh-jauh hari, terutama saat puncak musim panas atau Tahun Baru China. Jika Anda menggunakan kereta api pastikan Anda memesan lebih awal atau Anda kehabisan tiket. 

Pakaian

Sebaiknya Anda membawa pakaian lengkap. Di China Anda dapat pergi ke suatu tempat yang sangat dingin seperti Tembok Besar China dan tiba-tiba ke tempat yang sangat lembap seperti di Yangshuo. Jadi lebih baik untuk mempersiapkan pakaian yang beragam untuk kenyamanan Anda selama perjalanan.

Belajar bahasa

Belajar sedikit Mandarin akan membantu Anda selama berkeliling China. Bahasa ini sangat berguna karena sebagian besar orang China tidak mengerti bahasa Inggris. Menurut Rough Guides, caraterbaik adalah mengunduh aplikasi kamus China untuk membuat Anda lebih mudah berkomunikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya